Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Diguncang Gempa Berkekuatan 6.0, 11 Tewas

Kompas.com - 18/06/2019, 09:19 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Kawasan barat daya China dilaporkan diguncang gempa berkekuatan 6.0 di mana korban tewas mencapai 11 orang dan 122 lainnya terluka.

Gempa itu menghantam luar kota Yibin, Provinsi Sichuan, pada Senin malam (17/6/2019) dengan Pusat Jaringan Gempa China mengonfirmasi kedalamannya berada di 16 km.

Baca juga: Rumah Adat hingga Gelang Benang, Penangkal Gempa dari Desa Sade Lombok

Dilansir Xinhua via AFP Selasa (18/6/2019), hotel yang berada di dekat episentrum gempa amblas. Tidak dijelaskan apakah ada korban jiwa dalam insiden itu.

Stasiun CCTV memperlihatkan tayangan petugas penyelamat berusaha mengeluarkan korban dari reruntuhan gedung sepanjang malam. Terdapat tayangan seorang perempuan membantu korban lain.

Gambar dari Changning County menunjukkan tiang listrik merobohkan atap sebuah gedung, sebuah lubang di rumah berbatu bata, serta kaca pecah berserakan di jalan.

Delapan dari 11 korban tewas ditemukan di Changning County. Sementara sisanya berada Qixian County berdasarkan keterangan pemerintah Yibin di Weibo.

Area itu dilaporkan terhantam setidaknya empat gempa susulan dengan yang paling besar bermagnitudo 5.1. Penyelamat mengeluarkan enam jenazah dan tujuh korban selamat.

Lebih dari 300 anggota pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian dengan 5.000 tenda didirikan, 10.000 dipan lipat, dan persediaan darurat lainnya disiapkan.

Sementara Survei Geologi Amerika serikat (USGS) menyatakan gempa di Yibin berkekuatan 5.8, dijelaskan bahwa "kemungkinan kerusakan besar dan meluas".

Sichuan merupakan lokasi yang sering diguncang gempa. Pada 2008 silam, sebanyak 87.000 orang tewas atau dilaporkan menghilang ketika gempa 7.9 menerjang.

Februari lalu, tiga gempa menghantam Rongxian County di mana dua orang tewas dan 12 warga lainnya mengalami luka-luka. Warga menyebut adanya korban karena penambangan.

Otoritas setempat kemudian mengumumkan penghentian penambngan gas setelah ribuan warga melakukan aksi unjuk rasa.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Sumbar, Tidak Berpotensi Tsunami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com