Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Ekor Singa Dilaporkan Lepas dari Taman Nasional di Afrika Selatan

Kompas.com - 07/06/2019, 18:27 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PHALABORWA, KOMPAS.com - Kawanan 14 ekor singa dilaporkan terlepas dari kawasan Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan, Jumat (7/6/2019), mengancam warga masyarakat di sekitarnya.

Singa-singa itu terlihat berkeliaran di sekitar tambang fosfat milik perusahaan Foskor di luar kota Phalaborwa, yang berbatasan dengan pagar sisi barat taman margasatwa terkenal itu.

"Karyawan perusahaan tambang Foskor dan anggota masyarakat diminta untuk selalu waspada setiap saat," kata Departemen Lingkungan dan Pariwisata Provinsi Limpopo, dalam pernyataannya.

Diketahui, kawanan kucing besar itu kabur dari taman nasional, sementara petugas telah dialokasikan untuk mencari dan menangkap kembali singa-singa itu sesegera mungkin.

Dalam pertemuan antara pejabat pemerintah dengan pihak taman nasional, disepakati bahwa singa-singa tersebut harus ditangkap untuk dilepaskan kembali di kawasan Taman Nasional Kruger.

Baca juga: Belai Seekor Singa Betina, Pria Ini Alami Hal Fatal

Akan tetapi, juru bicara taman nasional, Ike Phaahla mengatakan, keputusan pengembalian kawanan singa ke taman nasional yang sama tidak tepat, lantaran "singa-singa itu akan terus berusaha keluar karena terdesak oleh kawanan singa dominan lain yang mengusir mereka".

Dia menambahkan, hewan-hewan yang ada di luar kawasan taman nasional seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah setempat, dalam hal ini pemerintah provinsi Limpopo.

Sementara hingga masalah penempatan ini terpecahkan, Phaahla memperingatkan akan adanya ancaman bahaya bagi anggota masyarakat dan pekerja di daerah itu.

"Ada kemungkinan terjadinya konflik antara satwa dengan manusia, sehingga masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati," kata Phaahla kepada stasiun televisi SABC.

"Kita juga harus segera mengidentifikasi taman di mana kawanan singa itu dapat dibawa dan membangun wilayah untuk mereka," tambahnya, dikutip AFP.

Tidak jelas kapan pastinya kawanan singa itu melarikan diri dari taman nasional dan sudah berapa lama mereka berkeliaran.

Sebelumnya diberitakan, insiden yang menimpa anak salah seorang staf taman nasional Kruger. Bocah yang baru berusia dua tahun itu diketahui diserang seekor macan tutul hingga tewas.

Baca juga: Anak Staf Taman Nasional di Afrika Selatan Tewas Diserang Macan Tutul

Macan tutul itu telah diburu dan ditembak mati untuk menghindari insiden serupa terulang di kemudian hari.

Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan mencakup kawasan seluas hampir dua juta hektar dan menjadi rumah bagi lebih dari 500 spesies burung dan 147 spesies mamalia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com