Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ogah Kembalikan Uang Salah Transfer, Sopir Grab Singapura Dibui

Kompas.com - 24/05/2019, 14:08 WIB
Ericssen,
Veronika Yasinta

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com –  Seorang Singapura harus meringkuk di sel penjara selama tiga bulan karena terbukti menyalahgunakan uang yang bukan miliknya.

Wong Siew Wai yang berprofesi sebagai pengemudi Grab tiba-tiba menerima uang sebesar 33.678 dollar Singapura atau sekitar Rp 350 juta dari Grab Singapura pada 21 Agustus 2018.

Diwartakan Channel News Asia, Kamis (23/5/2019), selang 9 hari kemudian, staf keuangan Grab Singapura menyadari kesalahannya. Uang tersebut seharusnya dikirim ke perusahaan Wow! Gadgets.

Baca juga: Ketagihan Pornografi, Ayah di Singapura Cabuli Putri Kandungnya

Perusahaan tersebut kemudian menginformasikan ada kesalahan pada nama penerima. Wong pun mendapat pemberitahuan perihal kesalahan pengiriman uang yang menyasar pada rekeningnya. 

Wong yang awalnya berpikir mendapat rezeki nomplok menolak mengembalikan uang itu. Pria berusia 54 tahun itu lalu menghilang dan tidak dapat dihubungi sama sekali.

Fakta persidangan menunjukkan, selama dua bulan dari 31 Agustus 2018 hingga 25 Oktober 2018, Wong menggunakan uang itu untuk membayar sekolah anaknya, kebutuhan sehari-hari, dan pengeluaran pribadi lainnya.

Grab Singapura akhirnya memutuskan untuk melaporkan mitra pengemudinya itu ke polisi karena tidak kooperatif.

Dalam waktu sehari setelah laporan, Wong diciduk. Dia mengaku menggunakan uang tersebut karena sedang mengalami masalah ekonomi.

Pelaku mengklaim telah bertanya kepada bank terkait apakah akan dikenakan hukuman jika dia menolak mengembalikan uang yang salah ditransfer.

Baca juga: Diam-diam Punya Istri Kedua, Pria Singapura Dijebloskan ke Penjara

Pihak bank menyatakan bahwa tidak akan ada tindakan hukum yang diambil atas kasus semacam itu. Namun alasan utama penahanannya karena dia menghilang tanpa jejak setelah dihubungi Grab Singapura.

Wong mengembalikan sisa uang 11.000 dollar Singapura atau sekitar Rp 115 juta)yang belum terpakai, serta memberikan 1.000 dollar Singapura atau sekitar Rp 10,4 juta sebagai pengganti uang yang telah dipakai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com