Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto "Salaman" Pangeran William dan PM Selandia Baru Jadi Viral

Kompas.com - 26/04/2019, 18:34 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WELLINGTON, KOMPAS.com - Sebuah momen "emosional" antara Pangeran William dengan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern tertangkap kamera dan menjadi viral di dunia.

Pewaris takhta kedua Kerajaan Inggris itu tiba di Selandia Baru pekan ini dan berkunjung selama dua hari untuk menghormati korban penembakan di Christchurch.

Baca juga: Berada di Masjid, Pangeran Berkumpul dengan Penyintas Teror Christchurch

Ekstremis kulit putih menyerang Masjid Linwood dan Al Noor saat jemaah melaksanakan Shalat Jumat (15/3/2019). Sebanyak 50 jemaah dilaporkan tewas.

Kamis kemarin (25/4/2019), Pangeran William dan Ardern mengunjungi kegiatan sipil Anzac Day yang berlangsung di Museum Memorial Perang Auckland.

Namun sebelumnya seperti dilansir NZ Herald Jumat (26/4/2019), Ardern menyambut Duke of Cambridge di Auckland dengan hongi. Yakni salam ala Suku Maori dengan menempelkan hidung.

Momen yang diabadikan oleh juru foto pemerintah Mark Tantrum itu meuai viral dengan media seperti The Guardian, CNN, maupun Business Insider menyebutnya "foto emosional".

"Melalui hongi, keduanya menampilkan nilai kebebasan, demokrasi, dan perdamaian ketika menghadiri upacara di Auckland sebelum menuju ke Christchurch menemui para korban," tulis The Guardian.

Ini bukan kali pertama anggota Kerajaan Inggris menjadi viral karena melakukan hongi. Tahun lalu, Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle memberi salam kepada beberapa orang lewat hongi.

Setelah memberikan penghormatan terhadap prajurit yang mengabdi dalam Pertempuran Gallipoli, Pangeran William mengunjungi bocah lima tahun yang menjadi korban penembakan Christchurch.

Bocah bernama Alen Alsati harus mendapat perawatan intensif setelah berada dalam kondisi kritis setelah dia ditembak beberapa kali dalam insiden yang ditayangkan si teroris di Facebook.

Setelah itu pangeran berusia 36 tahun tersebut berkunjung ke dua masjid yang menjadi lokasi penembakan dan berpindah ke Monumen Peringatan Gempa Oi Manawa Canterbury di tepi Sungai Avon.

Di sana, suami Kate Middleton itu menaruh rangkaian bunga dan memberi penghormatan bagi korban gempa bumi pada 22 Februari 2011 sebelum berkeliling Christchurch.

Baca juga: Tiba di Selandia Baru, Pangeran William Bakal Temui Korban Teror Christchurch

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com