Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Kebakaran di Gereja Notre Dame Padam

Kompas.com - 16/04/2019, 15:43 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Dinas pemadam kebakaran Paris, Perancis, mengumumkan kebakaran yang terjadi bangunan bersejarah nan ikonik Gereja Notre Dame telah padam.

Disampaikan oleh juru bicara Gabriel Plus, total dibutuhkan waktu sekitar 15 jam bagi tim pemadam kebakaran untuk mengalahkan si jago merah yang melalap Notre Dame.

Baca juga: Sejarah Notre Dame, Gereja di Paris yang Dilanda Kebakaran Hebat

"Keseluruhan titik api telah padam. Kini, fokus kami selanjutnya adalah memulai fase penyelidikan," terang Plus kepada wartawan diberitakan AFP Selasa (16/4/2019).

Plus menambahkan kebakaran yang terjadi Senin petang (15/4/2019) itu bisa menjalar begitu cepat karena atap gereja berusia 850 tahun itu terbuat dari kayu.

Karena kebakaran sudah padam, Plus menjelaskan tugas selanjutnya diserahkan kepada para pakar untuk merencanakan bagaimana membuat bangunan aman dan siap dibangun kembali.

Dia menuturkan sepanjang pagi, anggota tim pemadam kebakaran memusatkan perhatian kepada dua lonceng menara, dan memastikan tidak berada dalam kondisi rusak.

Tugas itu bakal diperjelas dengan melakukan pemantauan terhadap struktur yang tersisa untuk melihat apakah ada perubahan, serta menjinakkan titik api yang masih ada.

"Karena itu, sekitar 100 anggota pemadam kebakaran bakal berjaga sepanjang hari," kata Plus dalam pernyataan resmi yang berlangsung di laur Notre Dame.

Salah satu ikon bersejarah Paris, Notre Dame telah melalui berbagai peristiwa sejarah. Antara lain ketika Napoleon Bonaparte menobatkan dirinya sendiri sebagai Kaisar Perancis.

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus melalui juru bicara Vatikan memberikan doa kepada umat Katolik serta warga Paris yang tentu mengalami kesedihan.

"Paus sangat dekat dengan Perancis. Dia berdoa atas musibah kebakaran yang terjadi di Katedral Notre Dame," terang Kepala Kantor Pers Vatikan Alessndro Gistotti di Twitter.

Sejumlah barang bersejarah diselamatkan dari gereja tersebut. Antara lain Mahkota Duri yang diyakini dipakai oleh Tesus Kristus ketika disalib.

Baca juga: YouTube Tak Sengaja Hubungkan Kebakaran Notre Dame ke Tragedi 9/11

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com