Dunia Ramai-ramai Kutuk Serangan Teroris di Masjid Selandia Baru

Kompas.com - 15/03/2019, 17:04 WIB
Tangkapan layar dari tayangan televisi memperlihatkan seorang korban tiba di rumah sakit pasca-insiden penembakan di Masjid Al Noor, Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019). Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, dalam keterangannya mengatakan, sedikitnya 40 orang tewas dan 20 lainnya luka parah dalam serangan teror tersebut.AFP PHOTO/TV NEW ZEALAND Tangkapan layar dari tayangan televisi memperlihatkan seorang korban tiba di rumah sakit pasca-insiden penembakan di Masjid Al Noor, Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019). Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, dalam keterangannya mengatakan, sedikitnya 40 orang tewas dan 20 lainnya luka parah dalam serangan teror tersebut.

CHRISTCHURCH, KOMPAS.com - Dunia bereaksi terhadap insiden penembakan yang terjadi di dua masjid Christchurch, Selandia Baru, pada Jumat.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern telah menyatakan penembakan yang menewaskan jemaah hingga 49 orang itu sebagai serangan teroris.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan kecaman yang dilayangkan para pemimpin maupun pejabat dunia atas penembakan di Masjid Al Noor dan Linwood tersebut.

Baca juga: Tim Kriket Bangladesh Nyaris Jadi Korban Penembakan di Masjid Selandia Baru

1. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Erdogan mengatakan jika otoritas setempat tidak segera mengambil tindakan, dia mengkhawatirkan kekerasan lain bakal segera terjadi.

"Insiden itu telah melampaui batas pelecehan indviidu hingga hampir mencapai titik pembunuhan massal," ujar mantan Perdana Menteri Turki itu.

2. Presiden Rusia Vladimir Putin
Dalam pesannya kepada Ardern, Putin berkata dia berharap teroris yang bertanggung jawab atas penembakan itu bisa dihukum seberat-beratnya.

"Serangan yang dilakukan ketika orang-orang sedang berkumpul dalam damai dan melangsungkan ibadah adalah tindakan yang kejam serta sinis," ucapnya.

3. Presiden Uni Eropa Donald Tusk
"Berita mengerikan dari Selandia Baru malam ini. Serangan brutal itu tak akan mengurangi toleransi yang selama ini dijunjung tinggi Selandia Baru".

Baca juga: Ayah dan Anak WNI Tertembak dalam Serangan Teroris di Selandia Baru

4. Perdana Menteri Inggris Theresa May
May memberikan ucapan belasungkawa kepada korban tewas. "Hati dan pikiran saya bersama mereka yang terdampak aksi memuakkan ini".

5. Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas
Maas menyatakan, negaranya benar-benar terkejut dengan perbuatan brutal yang terjadi di kota Christchurch.

6. Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez
"Saya mengucapkan belasungkawa kepada korban, keluarga, dan pemerintah Selandia Baru atas serangan dari fanatik dan ekstremis yang mencoba menghancurkan masyarakat kita".

Baca juga: Wapres Instruksikan KBRI Pantau Terus Kondisi WNI di Selandia Baru

7. Presiden Indonesia Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla
Presiden yang akrab disapa Jokowi itu mengatakan sangat mengecam keras siapapun teroris yang bertanggung jawab dalam insiden tersebut.

"Dan kita, Pemerintah Indonesia, menyampaikan duka mendalam kepada korban yang ada dari aksi tersebut," ujar Jokowi di sela kunjungan ke Humbang Hasundutan.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya


Close Ads X