Kompas.com - 23/02/2019, 15:34 WIB

CARACAS, KOMPAS.com - Pemerintah Venezuela mengumumkan telah menutup total perbatasan dengan Kolombia di tengah upaya oposisi mendatangkan bantuan kemanusiaan.

Dalam kicauannya di Twitter, Wakil Presiden Delcy Rodriguez menuduh Kolombia menyebabkan ancaman serius terhadap keamanan dan perdamaian Venezuela.

"Jadi, kami menutup sementara seluruh jembatan yang menghubungkan dua negara di Tachira," kata Rodriguez seperti dikutip AFP Sabtu (23/2/2019).

Baca juga: Rusia Tuduh AS Kirim Bantuan ke Venezuela sebagai Taktik Militer

Keputusan itu diambil beberapa jam setelah pemimpin oposisi Juan Guaido secara mengejutkan menyeberang ke kota Cucuta yang berada di perbatasan Kolombia.

Ketua Dewan Nasional itu bergabung dengan ribuan orang lainnya dalam konser yang diselenggarakan untuk mendesak masuknya bantuan kemanusiaan.

Guaido mengklaim dia mendapatkan bantuan dari militer untuk memuluskan rencananya pergi ke Kolombia di tengah larangan bepergian yang dia terima dari Venezuela.

Di Cucuta, Guaido bergabung bersama Presiden Kolombia Ivan Duque, Presiden Chile Sebastian Pinera, dan orang nomor satu Paraguay Mario Abdo.

Pemerintahan Presiden Nicolas Maduro mencoba untuk mencegah bantuan seperti makanan dan obat-obatan memasuki negaranya saat krisis sedang terjadi.

Guaido mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara pada Januari lalu dan menuduh Maduro memanipulasi pemilu yang digelar Mei 2018.

Ketegangan dalam menyalurkan bantuan itu memakan korban ketika dua orang yang dilaporkan merupakan pasangan suami istri tewas pada Jumat (22/2/2019).

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.