Kompas.com - 22/02/2019, 22:31 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia menuduh Amerika Serikat sedang mempersiapkan taktik militer untuk melawan pemerintahan Presiden Nicolas Maduro dengan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Venezuela.

Disampaikan juru bicara kementerian luar negeri Rusia Maria Zakharova, Jumat (22/2/2019), rencana tersebut akan dilancarkan pada Sabtu (23/2/2019).

"Sebuah provokasi berbahaya yang dihasut dan dipimpin Washington telah direncanakan untuk 23 Februari," ujar Zakharova, dikutip AFP.

Baca juga: Ketakutan Oposisi Venezuela Jadi Alasan Mereka Berjuang Salurkan Bantuan

Zakharova menuduh upaya tersebut telah dimulai dengan pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido yang berangkat untuk mengambil bantuan AS yang ditimbun di perbatasan Kolombia.

"Rencana Guaido dengan mencoba membawa bantuan kemanusiaan melintasi perbatasan ditujukan untuk memicu terjadinya bentrokan, menjadikannya alasan yang tepat untuk melancarkan aksi militer," kata Zakharova.

Rusia sejak awal telah menjadi salah satu pendukung utama Maduro sebagai pemimpin Venezuela dan telah berulang kali menuduh Washington berusaha melancarkan kudeta di negara yang dilanda krisis itu.

Pada Kamis (21/2/2019) Guaido telah berangkat dalam konvoi untuk mengumpulkan bantuan makanan dan obat-obatan yang disediakan AS dan dikumpulkan di Kolombia.

Dia berjanji akan membawa masuk bantuan tersebut ke Venezeula pada Sabtu (23/2/2019).

Zakharova menuduh AS telah menempatkan pasukan khusus dan perlengkapan militernya lebih dekat dengan wilayah Venezuela dan sedang mempertimbangkan pembelian persenjataan dalam skala besar untuk mempersenjatai oposisi.

Rusia sebelumnya dikabarkan juga telah menyediakan bantuan kepada Venezuela sebanyak 300 ton, namun Moskwa hingga kini belum memberikan rincian terkait bantuan tersebut.

Baca juga: China Menentang Pengiriman Paksa Bantuan Kemanusiaan ke Venezuela

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.