Kompas.com - 12/02/2019, 14:45 WIB

BRASILIA, KOMPAS.com - Pemerintah Brasil disebut telah sepakat menampung bantuan kemanusiaan untuk Venezuela yang dilarang masuk oleh militer.

Berton-ton bantuan kemanusiaan tersebut akan disimpan di dekat perbatasan Brasil dengan Venezuela.

Kepastian jaminan penyimpanan bantuan kemanusiaan oleh pemerintah Brasil tersebut setelah pertemuan antara utusan pemimpin oposisi Juan Guaido dengan pejabat Brasil pada Senin (11/2/2019).

Utusan Guaido ke Brasil, Maria Teresa Belandria, mengatakan, dia telah mendapat jaminan dari Menteri Luar Negeri Brasil Ernesto Araujo atas pusat bantuan baru.

"Pusat penyimpanan di Brasil itu akan ditempatkan di negara bagian Roraima dan akan menjadi yang kedua di perbatasan Venezuela setelah yang pertama di Cucuta, Kolombia," kata Lester Toledo, kepala tim distribusi bantuan.

Baca juga: Dokter di Venezuela Desak Maduro Izinkan Masuknya Bantuan Kemanusiaan

"Dalam beberapa hari ke depan kami akan berkunjung ke negara bagian Roraima untuk melihat langsung letak pusat penyimpanan itu dan mulai minggu depan kami akan mengatur kedatangan bantuan kemanusiaan ke lokasi itu," tambah Toledo, dikutip AFP.

Bantuan kemanusiaan yang dikirim ke Venezuela tersebut meliputi obat-obatan, bahan makanan, dan barang-barang kebutuhan dasar lainnya.

Sebagian dari berton-ton bantuan tersebut sejak Kamis (7/2/2019) pekan lalu telah disimpan di pusat penyimpanan di Cucuta, dengan berdekatan dengan titik persimpangan Tienditas yang diblokir tentara Venezuela.

Sebelumnya diberitakan, militer Venezuela membuat barikade untuk mencegah masuknya bantuan kemanusiaan di Jembatan Internasional Tienditas menggunakan sejumlah kontainer sebagai penghalang.

Jembatan itu merupakan lokasi yang sama dari rencana pemimpin oposisi Juan Guaido yang menyerukan masuknya bantuan kemanusiaan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.