Kompas.com - 12/01/2019, 17:15 WIB

OTTAWA, KOMPAS.com - Gadis 18 tahun yang kabur dari keluarganya di Arab Saudi dilaporkan saat ini tengah menumpang pesawat menuju Kanada.

Rahaf Mohammed al-Qunun berangkat menuju Toronto pada Jumat malam (11/1/2019) setelah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan bakal memberikannya suaka.

Dilansir AFP Sabtu (12/1/2019), Trudeau menjelaskan Kanada selalu memperjuangkan hak asasi manusia, terutama perempuan, dari seluruh dunia.

Baca juga: Gadis yang Kabur dan Cari Suaka Disebut sebagai Putri Gubernur di Saudi

"Karena itu, ketika PBB meminta kami untuk memberikan status suaka kepada Qunun, kami segera menerimanya," papar Trudeau,

Komentar PM 47 tahun itu muncul setelah pejabat imigrasi Thailand mengatakan Qunun bakal meninggalkan Negeri "Gajah Putih" itu.

Kebijakan itu diyakini bakal semakin memanaskan ketegangan antara Kanada dan Saudi sejak kritik dari Ottawa pada Agustus 2018.

Kritik Kanada terkait gelombang penangkapan para aktivis HAM itu berujung kepada pengusiran duta besar mereka dari Riyadh.

Sky News melaporkan Qunun merespon kabar itu dengan mengunggah foto dirinya dengan filter Snapchat beserta keterangan "Hei, saya senang".

Qunun kabur dari keluarganya dan berencana mengungsi di Australia ketika dia dihentikan oleh otoritas Thailand pada Sabtu pekan lalu (5/1/2019).

Ayah Qunun yang dilaporkan adalah gubernur al-Sulaimi di Saudi utara beserta putranya datang ke Bangkok untuk menemuinya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.