Kompas.com - 09/01/2019, 15:43 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte kembali melontarkan pernyataan kontroversial, dengan mengancam akan menculik dan menyiksa pengaudit pemerintah yang dianggap menghambat kinerja pemerintahannya.

Pernyataan itu disampaikan Duterte dalam pidatonya di hadapan para pejabat lokal di Manila. Demikian dilansir Aljazeera, Rabu (9/1/2019).

Dalam pidatonya tersebut, Duterte secara khusus mengecam Komisi Audit (COA), badan konstitusional independen yang bertanggung jawab dalam memeriksa rekening dan pengeluaran oleh lembaga pemerintah.

"Mari kita culik orang-orang dari COA. Kita bawa mereka ke sini dan kita akan menyiksa mereka," kata Duterte dalam pidatonya yang penuh sumpah serapah dalam bahasa Inggris maupun Filipina.

"Mereka selalu membuat hal-hal menjadi sulit. Itulah yang saya tidak suka, membuat hal-hal menjadi sulit," lanjutnya.

Baca juga: Duterte Mengaku Pernah Lecehkan Pembantunya saat Masih SMA

Auditor pemerintahan di Filipina selalu mendapat reputasi sebagai orang-orang yang sulit karena mereka meneliti dengan cermat seluruh pengeluaran yang dilakukan lembaga pemerintah.

Meski mereka tidak memiliki kewenangan untuk menuntut, namun bukti yang dikumpulkan oleh pengaudit pemerintah telah banyak digunakan dalam kasus yang membawa sejumlah pejabat publik ke balik jeruji penjara.

Komentar Duterte kali ini bukan pertama kalinya dia mengecam pengaudit negara. Sebelumnya, Duterte pernah mengatakan agar para auditor tersebut didorong jatuh dari tangga dan menyebut regulasi pemerintah sebagai sampah.

Sebelum menjadi presiden, Duterte juga sempat berselisih dengan COA, yakni pada 2015, saat masih menjabat sebagai wali kota Davao.

Kala itu, pejabat dari COA mempertanyakan keabsahan keputusan Duterte untuk mempekerjakan lebih dari 10.000 pekerja kontrak yang menelan anggaran pemerintah kota yang setara dengan 15 juta dollar AS.

Halaman:
Sumber Aljazeera
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.