Kompas.com - 09/01/2019, 15:11 WIB

KATARAGAMA, KOMPAS.com - Seorang pria di Sri Lanka tewas terinjak seekor gajah liar setelah mendekati dan berusaha menghipnosisnya.

Pria yang tak disebutkan identitasnya itu awalnya memimpin rombongan turis di Kataragama, dekat Taman Nasional Yala pada pekan lalu.

Baca juga: Macan Tutul Kabur dari Taman Safari, Drone dan Gajah Terlatih Bantu Pencarian

Dalam video yang beredar dilansir Russian Today Selasa (8/1/2019), pria itu menghentikan kendaraannya dan mendekati gajah yang tengah merumput itu.

Setelah mendapatkan perhatian si gajah, pria yang dilaporkan berusia 41 tahun itu kemudian berusaha melakukan hipnosis dengan mengangkat tangannya.

Namun, gajah itu malah berlari ke arah si pria dan menghantamnya. Kemudian dia mengangkat kaki kanan dan menginjak pria tersebut.

Insiden itu direkam oleh keluarganya yang histeris karena anak pria tersebut berteriak dan menangis melihat ayahnya terinjak.

Seorang turis kemudian berusasha menyelamatkan si pria dengan mengusir si gajah. Namun, pria tersebut tewas di tempat.

Direktur Jenderal Departemen Alam Liar Chandana Sooriyabandara kepada News First via Daily Mirror berkata, pihaknya memastikan insiden itu tak bakal terjadi lagi.

"Keluar dari kendaraan di wilayah taman nasional sudah melanggar hukum. Siapapun yang melanggar bakal dibawa ke pengadilan," tegas Sooriyabandara.

Dia juga memperingatkan agar pengunjung lain tidak mengikuti cara pria itu. "Tidak ada sihir atau ritual yang menghentikan hewan itu," katanya.

Menurut sensus gajah yang dilaksanakan Departemen Alam Liar pada 2011, Sri Lanka merupakan rumah bagi sekitar 5.879 ekor gajah.

Gajah Sri Lanka masuk ke dalam daftar spesies terancam punah dari Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam sejak 1986.

Baca juga: Gajah Jantan Ditemukan Mati dengan Gading Hilang di Bener Meriah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.