Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Terjadi di Laboratorium Kampus di China, Tiga Mahasiswa Tewas

Kompas.com - 27/12/2018, 10:06 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP,SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Ledakan terjadi di laboratorium sebuah universitas di China, pada Rabu (26/12/2018), dan menewaskan tiga mahasiswa.

Efek ledakan juga turut memecahkan kaca-kaca jendela dan menimbulkan asap berwarna hitam, seperti dikonfirmasi Departemen Pemadam Kebakaran Beijing.

Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 pagi waktu setempat, bertempat di Universitas Jiaotong, Beijing.

"Ada ledakan di lokasi percobaan saat dilangsungkan eksperimen penelitian ilmiah pengolahan air limbah di laboratorium Teknik Lingkungan," kata Departemen Pemadam Kebakaran Beijing dalam pernyataannya.

"Insiden tersebut telah menewaskan tiga mahasiswa," tambah pernyataan yang diunggap di media sosial tersebut.

Baca juga: Insiden Ledakan di Tambang Batu Bara di Ceko, 13 Penambang Tewas

Dilansir dari AFP, sekitar 30 mobil pemadam kebakaran diberangkatkan ke lokasi ledakan dan membutuhkan waktu hampir satu jam untuk dapat mengendalikan api yang ditimbulkan ledakan.

Sementara pihak berwenang telah meluncurkan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya ledakan.

Sebuah video yang diunggah harian People's Daily menunjukkan kondisi jendela gedung universitas yang pecah dan bangunan yang tampak menghitam dengan pohon dan tanah yang tertutup busa pemadam kebakaran.

Foto-foto yang beredar di media sosial turut menunjukkan gumpalan asap gelap yang mengepul dari bangunan saat petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api.

Sementara para mahasiswa tampak berlarian sambil mengenakan masker untuk melindungi diri mereka dari asap dan bau yang menyengat.

Insiden yang melibatkan industri kimia di China cukup kerap terjadi, disebabkan salah satunya karena peraturan keselamatan yang kerap diabaikan atau tidak dijalankan dengan baik.

Bulan lalu, kebocoran gas menyebabkan ledakan sebuah truk yang membawa bahan kimia di dekat pintu masuk pabrik di China utara dan menewaskan 23 orang.

Di bulan Juli, sebuah pabrik kimia di Provinsi Sichuan barat juga meledak dan menewaskan 19 orang. Ledakan diduga berkaitan dengan pekerjaan konstruksi ilegal yang dilakukan perusahaan.

Baca juga: Terjadi Ledakan di Sebuah Restoran di Jepang, Lebih dari 40 Orang Luka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com