Kompas.com - 25/12/2018, 19:26 WIB

DAVAO, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte melakukan ritual liburan tahunannya dengan berperan menjadi Sinterklas dan membagi-bagikan hadiah kepada anak-anak penderita kanker.

Melalui foto yang dirilis kantor kepresidenan Filipina, Senin (24/12/2018), menunjukkan kegiatan Duterte saat menyapa dan memberikan hadiah kepada anak-anak penderita kanker di Pusat Medis Filipina Selatan (SPMC) di Kota Davao, pada Minggu (23/12/2018).

Duterte juga turut berbincang dengan kepala SPMC, Leopoldo Vega dan berfoto dengan staf rumah sakit.

Menurut mantan ajudan presiden, Christopher Go, yang turut menemani Duterte dalam kunjungannya, sang presiden memberikan hadian berupa mainan, makanan, serta uang tunai kepada pasien anak dan keluarga mereka.

Baca juga: Duterte Kembali Lontarkan Kecaman kepada Gereja Katolik

Aktivitas itu dikatakan telah menjadi kebiasaan Duterte sejak masih menjabat sebagai wali kota Davao selama 23 tahun.

Disampaikan Vega, presiden tiba di rumah sakit sekitar pukul 20.00 malam dan pergi sekitar tiga jam kemudian setelah menghabiskan waktunya bersama dengan anak-anak, bernyanyi, dan makan malam bersama.

"Presiden berbicara dengan setiap anak satu per satu. Dia mendengarkan setiap cerita mereka yang disampaikan dengan penuh semangat kepada presiden."

"Presiden adalah pendengar yang ramah saat dia berkomunikasi dengan anak-anak dan menunjukkan kepada mereka apa yang bisa mereka lakukan terhadap masalah mereka," kata Vega.

Usai kunjungannya ke SPMC, Duterte melanjutkan menghabiskan waktu liburan Natal bersama beberapa anggota keluaranya di Davao.

Sebuah foto yang diposting di Facebook oleh mantan wakil wali kota Davao, yang juga putra sulung presiden, Paolo Duterte, menunjukkan saat Duterte duduk di meja makan ditemani cucunya, Sebastian saat malam Natal.

Baca juga: Duterte Sebut Pakai Ganja, Istana Filipina: Dia Hanya Bercanda

Selain itu dalam foto juga tampak beberapa anggota keluarga Duterte, seperti mantan istrinya Elizabeth Zimmerman, putrinya Sara Duterte-Carpio beserta suami, serta cucu-cucu Duterte.

"Dari keluarga saya. Terima kasih banyak dan Selamat Natal untuk semua orang," tulis Paolo dalam keterangan foto.

Duterte dan Zimmerman telah mengakhiri pernikahan selama 27 tahun mereka pada tahun 2000. Saat ini presiden telah menikah kembali dengan Honeylet Avancena dan memiliki seorang putri remaja bernama Veronica.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.