Kompas.com - 04/12/2018, 18:17 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Istana Malacanang Filipina angkat bicara setelah pernyataan Presiden Rodrigo Duterte bahwa dia mengonsumsi ganja menjadi viral.

Juru Bicara Kepresidenan Salvador Panelo dalam konferensi pers menyatakan apa yang diucapkan presiden 73 tahun itu hanya merupakan candaan.

"Semua orang tentu menyukai bercanda. Dia (Duterte) mungkin melakukannya karena bosan," kata Panelo dikutip ABC-CBN News Selasa (4/12/2018).

Baca juga: Duterte: Saya Pakai Ganja agar Tetap Terbangun

Jubir yang juga pengacara tersebut menyatakan bahwa kandungan ganja tidak membuat seseorang terjaga. Malah yang terjadi sebaliknya.

"Karena apa yang diucapkannya tidak masuk di logika, tentunya dia mengatakannya dengan bercanda," tutur Panelo kembali.

Panelo menyanggah pertanyaan awak media jika generasi muda Filipina bakal menganggap serius ucapan presiden yang akrab disapa Digong itu.

Ketua dewan penasihat hukum Duterte periode 206-2018 itu mengungkapkan Duterte telah menjadi contoh yang baik. "Satu guyonan tak menjadikannya pemimpin yang buruk," tegasnya.

Panelo juga menegaskan Duterte tidak pernah mengonsumsi ganja sepanjang hidupnya. Meski dia mengakui belum pernah membahasnya.

"Saya tidak harus menanyakannya karena kami sudah bersama selama 30 tahun terakhir," ujar jubir yang bertugas sejak Oktober itu.

Sebelumnya, presiden berjuluk The Punisher itu mengonsumsi ganja ketika dia menghadiri pertemuan para pemimpin ASEAN di Singapura November lalu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber ABS-CBN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.