Kompas.com - 19/12/2018, 08:01 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Israel selama beberapa pekan terakhir geram atas undangan Rusia terhadap pemimpin Hamas IsmailHaniyeh untuk mengunjungi Moskwa akhir bulan ini.

Keberatan itu telah diajukan oleh kedutaan besar Israel di Moskwa dan dalam pembicaraan dengan kedutaan besar Rusia di Tel Avil.

Seperti diketahui, Haniyeh diundang ke Moskwa untuk berunding dengan pejabat Rusia mengenai perkembangan terakhir di Palestina dan terkait hubungan bilateral.

Baca juga: Dapat Suntikan Dana dari Qatar, Pekerja Hamas Akhirnya Gajian

Undangan tersebut disampaikan langsung oleh Kementerian Luar Negeri Rusia.

Diwartakan The Times of Israel, Selasa (18/12/2018), pejabat Rusia menolak komplain yang diajukan, dengan menyebut Israel juga telah berunding dengan Hamas meski secara tidak langsung.

Israel terlibat dalam pembicaraan tidak langsung dengan Hamas, yang dimediasi oleh pejabat Mesir dan PBB untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di Jalur Gaza.

Hubungan Israel dan Rusia menjadi tegang dalam beberapa bulan terakhir sejak jatuhnya pesawat Rusia di Suriah selama serangan yang digelar oleh Israel.

Namun, delegasi militer Israel baru saja kembali dari Moskwa pada Selasa untuk memulihkan hubungan kerja sama keamanan.

The Jerusalem Post mengabarkan, dalam perjalanannya ke ibu kota Rusia, Haniyeh diperkirakan akan berhenti di Kairo, Mesir.

Di sana, dia juga dijadwalkan mengadakan pembicaraan dengan pejabat intelijen Mesir tentang perkembangan terakhir di Jalur Gaza, khususnya upaya Mesir untuk mengatur gencatan senjata.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.