Kompas.com - 15/12/2018, 16:55 WIB

OTTAWA, KOMPAS.com - Berlian kuning 552 karat berhasil digali di Kanada. Berlian itu menjadi yang terbesar yang pernah ditemukan di Amerika Utara.

Diwartakan CNN, Sabtu (15/12/2018), perusahaan pertambangan Dominion Diamond Mines menemukan berlian tersebut pada Oktober lalu di Tambang Berlian Diavik di Wilayah Barat Laut Kanada,

Dalam rilisnya Kamis lalu, penemuan tersebut mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh berlian Diavik Foxfire dengan 187,7 karat.

Baca juga: Berlian Merah Muda 19 Karat Terjual Rp 732 Miliar dalam Lelang

Berlian Diavik Foxfire juga ditemukan di area tambang yang sama pada 2015.

Sementara itu, batu permata yang baru saja diperoleh berukuran 33,74 mm x 54,56 mm dengan 552,74 karat diketahui ketika dalam proses penyaringan awal.

"Penemuan luar biasa ini menampilkan apa yang sungguh spektakuler terkait berlian Canadamark," kata Kepala Dominion Diamond Mines, Kyle Washington.

"Warna dan tekstur berlian menjadi contoh unik perjalanan berlian alami dari pembentukannya sampai kami temukan," imbuhnya.

Perusahaan tidak akan menjual berlian tersebut dalam bentuk kasarnya, dan masih terlalu dini untuk menentukan nilainya.

Perusahaan akan memilih mitra untuk memotong dan memoles batu itu sehingga keindahan, warna, dan kecemerlangan batu dapat maksimal.

Baca juga: Pasangan Ini Curi Berlian di Dubai dengan Cara Menelannya

Sebagai informasi, berlian Diavik Foxfire yang sebelumnya telah menghasilkan 37,87 karat berlian dengan bentuk buah pir yamg indah dan 36,80 karat berlian yang baru saja dilelang.

Permata itu dilelang oleh balai lelang Christies Magnificent Jewels dan dibeli seharga 1,3 juta dollar AS atau sekitar Rp 18,9 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.