Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penarik "Rickshaw" di India Kembalikan Tas Berisi Emas dan Berlian

Kompas.com - 06/08/2018, 17:45 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

HOWRAH, KOMPAS.com - Seorang penarik rickshaw bernama Mantu Saha di Howrah, India, mengembalikan tas yang berisi emas, berlian, dan uang tunai, yang dia temukan.

Tas tersebut berada di becak roda dua yang ditarik manusia miliknya pada pekan lalu.

Times of India mewartakan pada Minggu (5/8/2018), dia tentu saja dapat memiliki kehidupan yang lebih baik dan mengobati anaknya yang sakit-sakitan dengan barang berharga tersebut.

Baca juga: 8 Tahun Beraksi, Komplotan Pencuri 500 Mobil di India Ditangkap

Mantu kembali ke rumahnya di permukiman kumuh dekat Belur Simultala Ghat dan dia melihat tas tersebut berada di kursi rickshaw-nya.

Dia masuk ke dalam gubuknya yang berlantai tanah, kemudian menunjukkan isi tas tersebut kepada istrinya, Anu.

Di sisi lain, seorang penumpang rickshaw bernama Rukmini tak sengaja meninggalkan tas tersebut. Ketika menyadari tasnya hilang, dia segera melapor kepada polisi

Tanpa mengetahui adanya laporan kehilangan dari seseorang, Mantu segera bergegas menyerahkan tas tersebut kepada polisi dengan ditemani sang istri.

Pria berusia 54 tahun itu memilih untuk mengembalikan tas berisi emas dan berlian senilai 298.000 rupee atau sekitar Rp 62,7 juta dan uang tunai 60.000 rupee atau Rp 12,6 juta.

Setelah pasangan tersebut tiba di kantor polisi, petugas langsung mengubungi Rukmini.

Seluruh perhiasan dan uang tunai dikembalikan dalam keadaan utuh. Rukmini yang terkesan dengan kejujuran Mantu, lantas memberinya uang 10.000 rupee atau Rp 2,1 juta.

Baca juga: 48 Ekor Sapi di India Mati karena Makan Plastik

Bantuan Rukmini kepada Mantu tak berhenti di situ. Dia ingin mewujudkan keinginan pria tersebut yang ingin memiliki e-rickshaw dengan mesin.

Dengan begitu, dia mampu meningkatkan kemampuan finansial untuk keluarganya.

Rukmini dijadwalkan terbang kembali ke Dubai pada Sabtu pagi, namun dia berjanji akan mengirim cek kepada Mantu sehingga dia bisa membel e-rickshaw.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com