Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Ini Curi Berlian di Dubai dengan Cara Menelannya

Kompas.com - 05/11/2018, 19:46 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya

DUBAI, KOMPAS.com - Kepolisian Dubai telah menahan pasangan turis Asia yang dituduh telah mencuri dan menyelundupkan berlian 3,27 karat senilai 300.000 Dirham Uni Emirat Arab (UEA) atau sekitar Rp 1,2 miliar.

Melansir dari Al Arabiya, pasangan yang tak diungkapkan identitasnya itu dilaporkan telah mencuri berlian dari sebuah toko perhiasan di Gold Souk, Dubai.

Menurut laporan dari Markas Besar Kepolisian Dubai, kedua tersangka tiba di UEA pada Senin, 22 Oktober 2018 sekitar pukul 7.27 pagi waktu setempat.

Keduanya kemudian langsung menuju pusat perdagangan perhiasan di Dubai Gold Souk di Deira, dan tiba sekitar pukul 11.00.

Baca juga: Telan Cincin Berlian yang Dicurinya, Turis Irlandia Dibawa ke RS

Aksi pasangan itu sempat terekam kamera pengawas yang terpasang di dalam salah satu toko.

Tersangka pria yang tampak bertugas sebagai pengalih perhatian mengajak staf toko berbicara dan bertanya tentang perhiasan yang dipajang.

Sementara tersangka perempuan berjalan mendekati pintu masuk, membuka lemari kaca pajangan dan mengambil sebuah batu berlian, kemudian menyembunyikannya di bawah jaketnya.

Kedua tersangka kemudian meninggalkan toko dan berjalan menuju toilet di mana mereka mengganti pakaian.

Pasangan tersebut kemudian menuju Bandara Internasional Dubai dengan tujuah Hong Kong dan transit di Mumbai.

Pihak toko perhiasan baru menyadari adanya berlian yang hilang tiga jam setelah kejadian dan langsung menghubungi petugas.

Kolonel Adel Al Joker, direktur Departemen Investigasi Kriminal mengatakan, jeda waktu tiga jam telah membuat kedua tersangka melarikan diri.

Baca juga: Bukan Gula, Semut Hitam Ini Pilih Mencuri Berlian

Namun polisi meminta bantuan dari pihak berwenang di India melalui Interpol, dan tepat saat pesawat yang ditumpangi tersangka melakukan transit, keduanya dapat ditahan untuk kemudian diterbangkan kembali ke Dubai.

Kepada polisi, para tersangka mengakui tindakan pencurian yang telah mereka lakukan dan mengatakan bahwa batu berlian itu telah ditelan oleh tersangka wanita.

Setelah menjalani pemindaian x-ray didapati bahwa batu berlian senilai Rp 1 miliar itu berada di bagian usus.

Berlian dapat diambil kembali setelah melalui operasi yang dilakukan dokter spesialis. Selanjutnya kedua tersangka resmi ditahan, hanya berselang 20 jam sejak kejahatan terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com