Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita dari Permukiman Kumuh Ini Dinobatkan Jadi Miss Venezuela

Kompas.com - 14/12/2018, 14:16 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

CARACAS, KOMPAS.com - Seorang perempuan yang berasal dari kawasan permukiman kumuh terbesar dinobatkan sebagai pemenang Miss Venezuela.

Gelar ratu kecantikan di negara yang menyukai kontes semacam itu dijabat Isabella Rodriguez dari kota bernama Petare, rumah bagi sekitar 500.000 jiwa.

Baca juga: Diancam Pembunuhan, Mantan Ratu Kecantikan Irak Kabur ke Jordania

"Dari Petare menuju dunia. Bahwa mimpi pun bisa menjadi kenyataan," ujar perempuan berusia 25 tahun itu dalam sesi tanya jawab.

Dilansir AFP Jumat (14/12/2018), Rodriguez melanjutkan banyak gadis di kota dengan tingkat kejahatan tinggi itu yang ingin menirunya.

Acara yang berlangsung selama empat jam itu mendapat reaksi negatif di mana netizen di Twitter menyebutnya sangat membosankan.

Terdapat sejumlah kesalahan yang dipaparkan netizen. Antara lain ada kontestan yang tak menunjukkkan kontestan dari daerah mana dia berasal.

Atau kontestan lain yang pakaiannya terlepas saat dia tengah melakoni sesi dansa. Miss Venezuela ke-65 itu dihadiri 20.000 orang dan 200 stasiun televisi.

Ekonomi di negara Amerika Selatan yang kaya minyak itu tengah kolaps menyusul resesi yang terjadi dalam lima tahun terakhir.

Rakyat mengalami kekurangan makanan, obat-obatan, dan berbagai kebutuhan pokok lain, dengan Dana Moneter Internasional (IMF) memprediksi inflasi bakal mencapai 10 juta persen pada 2019.

Krisis ekonomi yang terjadi membuat para kontestan memilih untuk menempuh perjalanan menggunakan bus atau kereta untuk pergi berlatih.

Perhelatan itu juga sempat dihentikan sementara setelah pihak penyelanggara dituduh menjadikan kontestan sebagai teman seksual para sponsor kaya.

Tuduhan itu membuat Osmel Souza yang dijuluki "Tsar Kecantikan" mundur dari jabatannya sebagai Direktur Organisasi Miss Venezuela yang diembannya selama 40 tahun terakhir.

Dengan kemenangan itu, Rodriguez berhak mewakili Venezuela dalam ajang Miss World di mana negara itu bersanding dengan India sebagai kolektor gelar terbanyak, enam.

Baca juga: Terkena PHK, Karyawan Goodyear Venezuela Dapat Pesangon 10 Ban

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com