Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terobsesi Emas, Pria Ini Pakai Perhiasan Jumbo Seberat 13 Kg

Kompas.com - 11/12/2018, 08:08 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

HANOI, KOMPAS.com - Seorang pengusaha asal Vietnam menjadi perbincangan di media sosial Asia karena obsesinya terhadap emas.

Diwartakan Oddity Central Senin (10/12/2018), pengusaha bernama Tran Ngoc Phuc bahkan memakai perhiasan dengan total beratnya mencapai 13 kilogram.

Baca juga: Maduro: Rusia Investasi Rp 87 Triliun pada Minyak dan Emas Venezuela

Phuc pertama kali menjadi perhatian di Vietnam pada pekan lalu setelah serangkaian video di YouTube memperlihatkan perhiasan emas yang dipakainya.

Foto Phuc yang mengenakan gelang, cincin, hingga kalung berukuran besar itu tidak saja viral di Vietnam, namun juga di China dan Thailand.

Netizen pun memberikan komentar beragam. Ada yang meragukan keaslian emas, sementara ada yang penasaran bagaimana dia bisa menjalani hidup dengan memakai perhiasan tersebut.

Phuc berkata, aksesorisnya terdiri dari kalung rantai dan medali seberat lima kilogram, dua gelang dengan berat masing-masing lima kilogram.

Kemudian empat cincin masing-masing seberat 500 gram. Dia mengklaim total perhiasannya berharga 13 miliar dong, atau Rp 8,1 miliar.

Pengusaha berusia 36 tahun itu menuturkan, ada beberapa perhiasan yang membutuhkan adaptasi saat dipakai. Namun dia menyatakan tetap mengenakannya karena dianggap membawa kemakmuran.

Dia menyatakan kebiasaannya mengenakan perhiasan emas berukuran jumbo itu terjadi setelah dia berkonsultasi dengan pakar Feng Shui lima tahun silam.

Awalnya dia hanya diminta mengenakan kalung rantai dengan medali bergambar kuda bersayap. Namun dia berpikir semakin banyak emas maka dia semakin beruntung.

Pria yang merintis karirnya dengan berdagang minyak itu mengaku kadang merasa tidak nyaman dengan perhiasan berukuran besar yang dipakainya.

Phuc berujar pernah suatu ketika dia melepaskan kalung rantai karena lehernya terlalu sakit dan memutuskan berobat di mana dokternya menyatakan dia gila.

Dia melanjutkan, keputusannya beraktivitas dengan perhiasan seberat 13 kilogram bisa menjadikannya target perampokan kapanpun.

Karena itu, dia menyewa lima pengawal pribadi yang selalu berada di dekatnya. Oddity Central memberitakan, dia pernah terlihat menonton pertandingan antara Vietnam melawan Filipina.

Ke depan, pengusaha berjuluk Phux XO menuturkan dia berencana untuk membuat topi serta kaus dari emas untuk melengkapi perhiasannya.

Baca juga: Harta Karun Koin dan Perhiasan Emas Berusia 900 Tahun Ditemukan di Israel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com