Kompas.com - 26/11/2018, 14:40 WIB

TUNIS, KOMPAS.com - Sekelompok warga dan politisi Tunisia dilaporkan bakal menggelar demonstrasi jelang rencana kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS).

Kunjungan tersebut terjadi di tengah penyelidikan kasus pembunuhan yang menimpa jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul, Turki.

Juru bicara pemerintah Saida Qarash diwartakan Al Jazeera menuturkan, MBS direncanakan bakal berkunjung pada Selasa (27/11/2018).

Baca juga: MBS Jalani Tur ke Negara Arab, Pertama Kali sejak Kasus Khashoggi

Qarash menyatakan Tunisia mengutuk pelaku pembunuhan Khashoggi, dan menuntut agar dalang kasus itu bisa diungkap ke publik dan diadili.

Mantan pemimpin Partai al-Irada Tarek Kahlawi berkata, ratusan orang direncanakan bakal berkumpul di depan istana kepresidenan di Carthage.

Dia berujar adalah hal memalukan bagi Tunisia, yang mengalami revolusi melawan tirani dan transisi demokrasi, menerima MBS.

Dia menyebut putra mahkota berusia 33 tahun itu sebagai kriminal yang telah ternoda oleh darah Khashoggi maupun warga Yaman.

"Aksi unjuk rasa itu merupakan inisiatif warga, dan saya meminta semua pihak untuk menentang rencana kunjungannya (MBS)," tegas Kahlawi.

Juru bicara partai oposisi Front Populer Hamma Hammami juga mengecam kunjungan MBS itu dengan menyebutnya sebagai aksi provokasi terhadap rakyat Tunisia.

Ketua partai Emad al-Daimi melalui unggahan Facebook memperingatkan Presiden Beji Caid konsekuensi jika nekat menerima kunjungan MBS.

Halaman:
Sumber Al Jazeera


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.