Kompas.com - 21/11/2018, 13:23 WIB
|

NEW YORK, KOMPAS.com - Saksi kunci dalam persidangan bos kartel Sinaloa Joaquin "El Chapo" Guzman, Selasa (20/11/2018), kembali membeberkan aksi suap yang dilakukan sang gembong narkoba.

Jesus Zambada, sang saksi kunci, mengatakan di persidangan bahwa El Chapo menyuap Genaro Garcia Luna, menteri keamanan publik Meksiko pada 2005-2009.

Zambada menambahkan, Kartel Sinaloa juga menyuap Gabriel Regino, yang pada 2005 adalah seorang pejabat senior kepolisian di masa Andres Manuel Lopez Obrador, presiden terpilih Meksiko, menjabat wali kota Mexico City.

Baca juga: El Chapo Pernah Bunuh Orang yang Tak Mau Menjabat Tangannya

Berapa jumlah suap yang diberikan? Zambada mengatakan, besaran suap itu mencapai angka jutaan dolar AS.

Zambada menjelaskan, Regino disuap untuk memastikan "perlindungan" terhadap kartel. Pengakuan Zambada ini dibantah Regino lewat akun Twitter-nya.

Sementara, Genaro Garcia Luna menyebut pengakuan Zambada itu tak lebih dari sebuah kebohongan, fitnah, dan palsu.

Di pengadilan, Zambada mengatakan, suap pertama berupa uang tunai 3 juta dolar AS yang dimasukkan ke dalam sebuah koper.

Kala itu, Garcia Luna masih berposisi sebagai pejabat senior di kantor jaksa agung Meksiko. Jabatan itu dipegang Garcia pada 2001-2006.

Pada 2006, suap kedua diberikan dan kali ini jumlahnya 3-5 juta dolar AS.

Saat menerima suap kedua ini, Garcia Luna sudah menjadi menteri di pemerintahan federal di bawah Presiden Felipe Calderon.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.