Kompas.com - 23/10/2018, 12:15 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com - Petugas Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, membakar dokumen yang berhubungan dengan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi.

Laporan tersebut dikemukakan stasiun televisi pro-pemerintah Turki A Haber, sebagaimana dikutip Daily Mirror Senin (22/10/2018).

Baca juga: Penasihat Putra Mahkota Saudi Perintahkan Bunuh Khashoggi via Skype

A Haber memublikasikan tayangan di mana dua orang staf melempar helai demi helai kertas ke dalam drum sementara satu orang lagi mengaduk agar apinya tetap menyala.

Mereka mengklaim melenyapkan dokumen yang berhubungan dengan Khashoggi sehari setelah di dibunuh pada 2 Oktober lalu.

Penyiar menuturkan, ketiga orang staf tersebut menggunakan cara kuno. "Mereka nampaknya berusaha melenyapkan total segala bukti yang berhubungan dengan Khashoggi," ujarnya.

Di Twitter, netizen memunculkan spekulasi bahwa rekaman video tersebut diambil menggunakan pesawat nirawak (drone) mata-mata Turki.

Khashoggi dilaporkan menghilang ketika memasuki gedung konsulat untuk mengurus dokumen pernikahan dengan tunangannya, Hatice Cengiz.

Awalnya, pihak Saudi bersikukuh bahwa dia telah keluar dari gedung. Namun sumber penyelidik Turki mengemukakan Khashoggi telah dibunuh.

Kontributor media Amerika Serikat (AS) The Washington Post itu dibunuh oleh 15 orang, di mana jenazahnya kemudian dimutilasi.

Sumber intelijen Turki menyatakan, ke-15 pelaku bekerja bagi dinas intelijen, keamanan, maupun badan pemerintahan Saudi lainnya.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.