Kompas.com - 02/10/2018, 17:39 WIB
|

BOSTON, KOMPAS.com - Pemain bola basket NBA Kyrie Irving meminta maaf setelah selama beberapa bulan terakhir menyebarkan teori Bumi datar.

Irving, yang bermain untuk klub Boston Celtics, selama 18 bulan terakhir kerap tampil di muka publik mendukung teori Bumi datar.

Meski tidak secara terang-terangan meninggalkan keyakinannya atas teori Bumi datar, Irving meminta maaf sudah menyebarkan teori itu secara terbuka.

Baca juga: Rencana Pria AS Terbangkan Roket untuk Buktikan Bumi Datar Tertunda

Dia mengaku tidak menyadari dampak penyebaran teori itu bagi banyak orang.

"Saat itu, saya seperti masuk ke dalam sebuah konspirasi dan semua orang pernah berada di sana," ujar Irving di Boston, Senin (1/10/2018).

Dia menambahkan, saat itu dia tidak merasa bersalah masuk ke dalam pusaran keyakinan tersebut sebelum menyadari dampak dari pernyatannya.

"Meskipun kita meyakini itu, sebaikan kita tak membicarakannya begitu saja. Hal semacam ini hanya untuk pembicaraan pribadi sebab persepsi berubah," tambah dia.

Irving melanjutnya, pada dasarnya dia adalah sosok yang cerdas dan dia tidak akan serta merta menyampaikan pendapatnya kepada siapa saja.

"Saat itu, saya tidak menyadari dampaknya. Saat itu saya merasa sebagai bagian dari pelaku teori konspirasi besar! Kalian tak bisa bicara seenaknya kepada saya!" kata dia.

"Jadi saya meminta maaf kepada para guru sains dan kepada mereka yang datang kepada saya. Saya meminta maaf," ujar Irving lagi.

Irving pertama kali menyatakan keyakinannya soal Bumi datar secara publik dalam sebuah podcast pada Februari 2017.

Baca juga: Konferensi Bumi Datar Pertama Digelar, Apa Isinya?

Pebasket berusia 26 tahun itu kemudian mengatakan, keyakinannya terhadap teori Bumi datar terbentuk karena sering melihat video di Instagram.

"Tapi saya selalu mengatakan kepada orang lain untuk melakukan riset," dia menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.