Kompas.com - 28/09/2018, 08:32 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Nikki Haley ikut sekelompok warga Venezuela yang berunjuk rasa menginginkan Presiden Nicolas Maduro mundur.

Membawa spanduk "SOS Venezuela" maupun "Apa yang Kami Inginkan? Kemerdekaan", mereka melakukan aksi demonstrasi di depan markas besar PBB.

Dengan membawa megafon, Haley meneriakan bahwa mereka membutuhkan dukungan lebih kuat dari rakyat Venezuela agar pemerintah AS bisa bertindak lebih tegas.

Baca juga: AS Jatuhkan Sanksi kepada Istri Presiden Venezuela

"Kami akan memperjuangkan Venezuela. Kmai tidak akan menyerah hingga Maduro pergi!" teriak Haley seperti dilansir AFP Kamis (27/9/2018).

Mantan Gubernur Carolina Selatan itu mengaku telah mengunjungi kawasan perbatasan Kolombia yang menerima sekitar satu juta pengungsi Venezuela.

"Apa yang saya lihat adalah tidak seharusnya kalian menderita sementara Maduro makan di restoran hingga kenyang," tegas Haley.

Tindakan Haley bergabung dengan para demonstran merupakan hal yang tak biasa bagi seorang diplomat PBB dari negara adikuasa seperti PBB.

Meski begitu, para pengunjuk rasa mengaku mereka menaruh harapan kepada perkataan Haley maupun para pemimpin yang berkeinginan menghentikan rezim Maduro.

"Kami menerima keberadaan Nikki Haley, setiap perkataan Presiden (Donald) Trump maupun para pejabat yang ingin Maduro lengser," kata Erick Rozo, salah satu pemimpin demo.

Rozo menjelaskan, untuk pertama kalinya dalam 20 tahun, dunia mengakui bahwa terjadi krisis di Venezuela yang membuat warganya menderita.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.