Kompas.com - 21/09/2018, 16:53 WIB

KOMPAS.com - Inggris banyak memiliki penulis-penulis ternama yang karya-karyanya mendunia dan masih dibaca hingga masa kini.

Di antara para penulis itu ada salah seorang penulis yang karya-karya sering dikatakan memiliki imajinasi modern jauh melebihi masanya, sebuah karya fiksi namun juga visioner. Dialah Herbert George Wells, atau yang lebih dikenal dengan HG Wells.

Lahir pada 21 Septemer 1866 di Bromley, Kent, Inggris tenggara, Wells adalah bungsu dari empat bersaudara dari pasangan Joseph Wells dan Sarah Neal.

Wells datang dari keluarga sederhana. Orangtuanya hanyalah penjaga toko kecil yang sebelumnya menjadi pelayan rumah tangga.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Agatha Christie, Penulis Novel Detektif Terlaris

Dalam keseharian masa kecilnya, Wells banyak merasakan sulitnya hidup dalam kemiskinan dan keterbatasan ekonomi.

Dia juga tidak memperoleh pendidikan formal yang cukup. Namun hal itu sedikit terbantu dengan kegemarannya membaca, membuat Wells memiliki pengetahuan yang lebih luas dibanding anak-anak lain seusianya.

Saat berusia 14 tahun, Wells bekerja paruh waktu di sebuah toko kain di Windsor. Dia juga sempat menjadi asisten seorang ahli kimia dan penerima tamu di sebuah sekolah.

Wells sempat mempelajari biologi di Sekolah Sains di Kensington, London, setelah mendapatkan beasiswa saat berusia 18 tahun.

Wells juga mendapat gelar sarjana di bidang ilmu kehewanan dari program khusus di Universitas London pada 1988.

Di antara tahun-tahun pendidikannya, Wells juga kadang menjadi asisten pengajar untuk murid-murid yang lebih muda.

Menjadi Penulis Terkenal

Dari kegemarannya membaca, Wells menjadi senang menulis. Dengan pengalamannya belajar biologi, buku pertama hasil karyanya yang dipublikasikan adalah sebuah buku teks biologi yang diterbitkan pada 1893.

Novel pertamanya yang berjudul The Time Machine, yang bergenre fiksi ilmiah, dirilis dua tahun berselang dan langsung meraih sukses.

Setelahnya, Wells kembali merilis sejumlah novel fiksi ilmiah lainnya, yang kemudian seolah menjadi ciri khas dari karya-karya tulisannya.

Bahkan sejumlah novel tersebut dipublikasikan dalam rentang waktu yang tak terlampau lama, seolah menunjukkan Wells sebagai penulis dengan produktivitas ide yang sangat besar.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Harry Warner, Presiden Awal Warner Bros

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.