Kompas.com - 08/08/2018, 22:50 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Angkatan Laut Kerajaan Inggris telah mengirim satu kapal perangnya untuk membayangi dua kapal perang Rusia yang terlihat mendekati Selat Inggris.

Melansir dari Metro.co.uk, Angkatan Laut Inggris memberangkatkan kapal penghancur tipe 45 HMS Diamond dari Dover, Kent untuk mengawasi kapal penghancur Severomorsk dan kapal penjelajah Marshal Ustinov milik Rusia pada Selasa (7/8/2018).

Kedua kapal milik Rusia tersebut terpantau berlayar melewati kawasan kepentingan Inggris, yang dapat berarti wilayah perairan negara tersebut maupun yang berdekatan dengannya.

"HMS Diamond dengan bangga telah sekali lagi memainkan peranannya dalam melindungi kedaulatan Inggris dengan memantau kapal-kapal asing dalam perjalanan mereka."

Baca juga: Perancis dan Inggris Bakal Kerahkan Kapal Perang ke Laut China Selatan

"Ini adalah tugas rutin untuk Angkatan Laut Kerajaan dan sepanjang musim panas telah dua kali kapal kami melakukan tugas pengawalan seperti ini," kata Komandan Kapal HMS Diamond, Komandan Ben Keith.

Seorang juru bicara Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengatakan, dua kapal perang milik Rusia tersebut dalam perjalanan kembali usai menghadiri perayaan Hari Angkatan Laut Rusia di pelabuhan Baltik St Petersburg.

"Sepanjang malam HMS Diamond telah mengawasi perairan Inggris, memantau kapal perang Rusia saat mereka mendekati pantai Inggris."

"Saat kapal memasuki jalur pengiriman yang sibuk antara Norfolk dan Benua Eropa, HMS Diamond melakukan manuver di samping mereka untuk menunjukkan kehadirannya," kata juru bicara tersebut.

"Kapal-kapal itu kemudian dikawal menuju Selat Dover, sementara HMS Diamond terus memantau kapal-kapal tersebut dan tetap bersama mereka saat transit melewati Dover dan sepanjang pantai selatan Inggris."

"Setelah itu kapal-kapal Rusia itu diharapkan untuk melanjutkan perjalanan ke selatan, keluar dari wilayah Inggris," tambahnya.

Sebelumnya pada Juni lalu, HMS Diamond dan sebuah helikopter Wildcat dari skuadron Angkatan Laut 815 di RNAS Yeovilton dikirim untuk membuntuti kapal pengintai bawah laut Yantar setelah terpantau mendekati garis pantai Inggris.

Baca juga: AL Inggris Uji Coba Kapal Induk Baru Berharga Rp 102 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.