Salin Artikel

Angkatan Laut Inggris Utus Kapal Perang untuk Awasi Dua Armada Rusia

Melansir dari Metro.co.uk, Angkatan Laut Inggris memberangkatkan kapal penghancur tipe 45 HMS Diamond dari Dover, Kent untuk mengawasi kapal penghancur Severomorsk dan kapal penjelajah Marshal Ustinov milik Rusia pada Selasa (7/8/2018).

Kedua kapal milik Rusia tersebut terpantau berlayar melewati kawasan kepentingan Inggris, yang dapat berarti wilayah perairan negara tersebut maupun yang berdekatan dengannya.

"HMS Diamond dengan bangga telah sekali lagi memainkan peranannya dalam melindungi kedaulatan Inggris dengan memantau kapal-kapal asing dalam perjalanan mereka."

"Ini adalah tugas rutin untuk Angkatan Laut Kerajaan dan sepanjang musim panas telah dua kali kapal kami melakukan tugas pengawalan seperti ini," kata Komandan Kapal HMS Diamond, Komandan Ben Keith.

Seorang juru bicara Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengatakan, dua kapal perang milik Rusia tersebut dalam perjalanan kembali usai menghadiri perayaan Hari Angkatan Laut Rusia di pelabuhan Baltik St Petersburg.

"Sepanjang malam HMS Diamond telah mengawasi perairan Inggris, memantau kapal perang Rusia saat mereka mendekati pantai Inggris."

"Saat kapal memasuki jalur pengiriman yang sibuk antara Norfolk dan Benua Eropa, HMS Diamond melakukan manuver di samping mereka untuk menunjukkan kehadirannya," kata juru bicara tersebut.

"Kapal-kapal itu kemudian dikawal menuju Selat Dover, sementara HMS Diamond terus memantau kapal-kapal tersebut dan tetap bersama mereka saat transit melewati Dover dan sepanjang pantai selatan Inggris."

"Setelah itu kapal-kapal Rusia itu diharapkan untuk melanjutkan perjalanan ke selatan, keluar dari wilayah Inggris," tambahnya.

Sebelumnya pada Juni lalu, HMS Diamond dan sebuah helikopter Wildcat dari skuadron Angkatan Laut 815 di RNAS Yeovilton dikirim untuk membuntuti kapal pengintai bawah laut Yantar setelah terpantau mendekati garis pantai Inggris.

https://internasional.kompas.com/read/2018/08/08/22500771/angkatan-laut-inggris-utus-kapal-perang-untuk-awasi-dua-armada-rusia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke