Kompas.com - 01/08/2018, 08:12 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo akan mendesak negara di Asia Tenggara untuk memberlakukan sanksi PBB terhadap Korea Utara.

Diwartakan AFP, Selasa (31/7/2018), Pompeo akan berada di Singapura pada Jumat dan Sabtu pekan ini.

Dia dijadwalkan hadir di forum pertemuan tahunan menteri luar negeri Association of Southeast Asian Nation (ASEAN).

Kesempatan itu akan digunakan untuk mengingatkan kembali semua negara tentang kewajiban mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB.

Baca juga: Usung Strategi untuk Saingi China, Menlu AS Berkunjung ke Indonesia

Pejabat senior Kementerian Luar Negeri AS menyatakan, Korea Utara akan berpartisipasi dalam forum ASEAN yang terdiri dari 27 negara.

Melansir dari Straits Times, pejabat yang berbicara secara anonim itu menolak berkomentar mengenai kemungkinan Pompeo akan bertemu dengan perwakilan pemerintah Korea Utara di forum ASEAN.

"Mereka akan berada di forum itu, dan pasti akan ada diskusi tentang denuklirisasi Korea Utara," katanya.

"Kami berencana untuk menggunakan pertemuan ini sebagai pengingat bagi semua negara tentang kepatuhan terhadap Resolusi Dewan Keamanan PBB," imbuhnya.

Dalam sanksi yang diberikan oleh PBB, impor minyak mentah dan produknya di Korea Utara terbatas. Korea Utara hanya diperbolehkan mengimpor 4 juta barel minyak mentah per tahun dan 500.000 barel produk turunannya per tahun.

Kurangnya kemajuan pasca-pertemuan bersejarah antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura pada Juni lalu, menjadi sumber keprihatinan banyak pengamat.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.