Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu AS Sebut Para Pemimpin Iran Sama dengan Mafia

Kompas.com - 23/07/2018, 18:49 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyerang para pemimpin Iran dengan menyebut mereka tak berbeda dengan para mafia, sementara berjanji akan memberikan dukungan kepada warga Iran yang tak puas dengan pemerintah.

Dalam pidato yang disampaikan di California pada Minggu (22/7/2018) malam, Pompeo menyebut Presiden Hassan Rouhani dan Menteri Luar Negeri Javad Zarif sebagai orang-orang yang dipoles untuk seni penipuan internasional yang dilakukan pemimpin tertinggi Iran.

"Negara Iran telah dijalankan oleh sesuatu yang lebih menyerupai mafia dari pada pemerintah," kata Pompeo dengan mengutip kekayaan dan korupsi yang terkait dengan para pemimpin Iran.

Baca juga: Menlu AS Bantah Pakai Cara Mafia Tekan Korut Lakukan Denuklirisasi

Pidato Pompeo tersebut menjadi upaya terkini dalam serangan komunikasi yang dilancarkan pemerintahan Presiden Donald Trump yang bertujuan memicu kericuhan di Iran, menekan Teheran agar mengakhiri program nuklirnya dan mendukung kelompok oposisi.

Secara publik, pemerintah Trump menyampaikan kebijakannya terhadap Iran bukan untuk mengganti rezim melainkan mengubah perilaku Teheran dan menghentikan program nuklir dan misilnya, mendukung proksi di Timur Tengah dan mendukung kelompok militan.

"Sepenuhnya terserah kepada rakyat Iran untuk menentukan arah negara mereka. Amerika Serikat akan mendukung suara orang-orang Iran yang telah lama diabaikan," kata Pompeo dilansir Al Arabiya.

Pompeo menyebut para pemimpin senior Iran telah mendapat manfaat dari penggelapan, kesepakatan ilegal dan bisnis terlarang lainnya.

Pompeo bahkan menyebut pemimpin tertinggi Iran sebagai orang suci munafik yang tampak lebih peduli pada harta kekayaan daripada agama.

Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani mengancam kepada AS agar tidak memicu konflik dengan negaranya karena hal tersebut bisa memicu terjadinya perang.

Baca juga: Rouhani Sebut Konflik dengan Iran Bisa Menjadi Sumber Segala Perang

"Perdamaian dengan Iran akan melahirkan perdamaian bagi semuanya, sedangkan perang dengan Iran akan melahirkan perang bagi semuanya," kata Rouhani.

Pernyataan tersebut dijawab oleh Presiden Trump melalui twitnya dengan menyampaikan kepada Iran agar jangan pernah lagi mengancam AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com