Kompas.com - 16/07/2018, 18:32 WIB

KOMPAS.com - Jika berbicara tentang sejarah kartun di televisi, terutama di Amerika maka tidak bisa terlepas dari peran William Hanna dan rekannya Joseph Barbera.

Banyak orang yang tumbuh besar dengan menonton serial kartun di televisi seperti Tom and Jerry atau The Flintstones.

Kedua serial animasi yang terkenal di era abad ke-20 dan masih memiliki penggemar serta ditonton hingga kini tersebut adalah beberapa dari karya William Hanna dan Joseph Barbera, yang berkolaborasi mendirikan perusahaan animasi Hanna Barbera.

Awal Karier Animasi

Pemilik nama lengkap William Denby Hanna ini lahir di Melrose, New Mexico, pada 14 Juli 1910. Hanna adalah anak ketiga dari tujuh bersaudara dan satu-satunya anak laki-laki.

Keluarga Hanna sering berpindah-pindah karena mengikuti pekerjaan sang ayah, sebelum akhirnya menetap di Watts, California pada 1919.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Walt Disney, Pelopor Kartun Animasi

Di bangku kuliah, Hanna fokus mempelajari jurnalisme dan teknik struktur di Perguruan Tinggi Kota Compton. Namun dia terpaksa berhenti kuliah karena adanya krisis ekonomi dunia pada 1930-an.

Keluar dari bangku kuliah, Hanna mencoba bekerja sesuai dengan bidang teknik konstruksi, tapi tak berlangsung lama karena kemudian krisis kembali membuatnya kehilangan pekerjaan.

Atas saran saudara perempuannya, Hanna mencoba melamar pekerjaan di Pasific Title and Art sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kesenian dan menyediakan salah satunya lembaran teks untuk film.

Di sana Hanna mulai meningkatkan kemampuan menggambarnya hingga bakatnya membawanya bergabung dengan sebuah studio animasi, Harman and Ising. Dari sini perjalanan karirnya di dunia animasi dimulai.

Pada 1933, Hanna bergabung dengan perusahaan perfilman ternama, Metro Goldwyn Mayer (MGM), bahkan diangkat menjadi direktur departemen animasi.

Saat bekerja untuk MGM, Hanna bertemu Joseph Barbera, yang menurutnya sangat berbakat dalam menulis alur cerita lucu dan dapat menggambar.

Tak butuh waktu lama hingga keduanya bekerja sama dalam tim dan membuat kartun pertama mereka, Puss Gets the Boot (1940), yang kemudian akan masuk nominasi Academy Award.

Lahirnya Tom and Jerry

Berkat keberhasilan kisah Puss Gets the Boot, MGM mengizinkan Hanna dan Barbera mengembangkan cerita seri tentang seekor kucing dan tikus.

Meski pada masa itu telah banyak kartun yang mengisahkan tentang kucing dan tikus, Tom and Jerry yang muncul pertama kali pada 1941 ini terbukti tetap mampu menarik perhatian masyarakat.

Bahkan, kepopuleran si kucing Tom dan si tikus Jerry menjadikan serial kartun ini proyek eksklusif selama 17 tahun.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Erno Rubik, Profesor Pencipta Teka-teki Kubus

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.