Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2018, 18:14 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Putri Diana dari Wales salah seorang anggota Kerajaan Inggris yang dicintai oleh rakyatnya, serta sering disorot oleh dunia.

Istri pertama Putra Mahkota Pangeran Charles itu dikenal sebagai "Putri Rakyat" karena popularitas serta rasa kemanusiaannya yang besar.

Putri Diana merupakan ibu dari Pangeran William Duke of Cambridge serta Pangeran Harry Duke of Sussex yang berada di urutan kedua dan keenam pewaris tahta Inggris.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan biografi Putri Diana.

Baca juga: Kenang Ibu Pangeran Harry, Meghan Pakai Cincin Mendiang Putri Diana

1. Masa Muda
Putri Diana terlahir dengan nama Diana Frances Spencer di Park House, Norfolk, pada 1 Juli 1961, dan merupakan anak keempat dari John Spencer.

Dinasti Spencer merupakan salah satu keluarga bangsawan tua yang bersekutu dengan para penguasa Inggris selama berabad-abad.

Dua nenek Diana merupakan dayang dari Ratu Elizabeth, istri Raja George VI serta ibu dari Ratu Elizabeth II dan Putri Margaret.

Diana mendapat gelar Lady setelah ayahnya menerima jabatan sebagai Viscount Althorp sekaligus Earl Spencer Kedelapan.

Ketika berusia tujuh tahun, Diana harus menyaksikan kedua orangtuanya bercerai. Ibunya, Frances Roche, memutuskan menikah lagi dengan Peter Shand Kydd pada 1969.

Awalnya, Diana tinggal bersama ibunya di London selama masa perceraian yang terjadi pada 1967. Namun, saat Libur Natal, Spencer menolak menyerahkan Diana kepada Roche.

Pendidikan awal dijalani Diana secara homeschooling di bawah pengawasan Gertrude Allen. Dia baru mendapat pendidikan formal di Gayton, Norfolk.

Kemudian dia mengikuti kakaknya, di sekolah keputrian West Heath di Sevenoaks, Kent, pada 1973, dan bukan termasuk golongan murid menonjol.

Meski begitu, dia menunjukkan bakat di musik sebagai pianis, serta memperoleh pencapaian luar biasa di berenang dan menyelam.

Setelah menyelesaikan studi di Institut Alpin Videmanette di 1978, Diana kembali ke London, dan tinggal di flat ibunya bersama dua teman sekolahnya.

Perhatiannya yang besar terhadap anak-anak membuatnya mendapat karir sebagai asisten di Taman Kanak-kanak Young England.

Baca juga: Kisah Lingerie Putri Diana dan Ratu Elizabeth Diumbar, Vendor Dipecat

2. Perkenalan dan Pernikahan dengan Pangeran Charles
Sebagai anak dari seorang bangsawan, dia sering bergaul dengan anak-anak yang menjadi anggota keluarga kerajaan.

Semasa kecil, Diana sering bermain dengan dua anak Ratu Elizabeth II, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward di Park House.

Diana pertama kali berkenalan dengan Pangeran Charles, anak sulung Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip pada November 1977.

Saat itu, Diana baru berusia 16 tahun dan Pangeran Charles tengah menjalani hubungan dengan kakaknya, Lady Sarah.

Baca juga: Putri Diana, Influencer Fashion Paling Berpengaruh

Kemudian di musim panas 1980, dia dan kakaknya menjadi tamu sebuah pertandingan polo yang digelar kerajaan pasda akhir pekan.

Ketika itu, Diana menyaksikan Pangeran Charles bermain polo. Di sisi lain, Charles mulai memperhatikan Diana dengan serius sebagai pasangannya.

Hubungan keduanya mulai mekar saat Charles mengundang Diana ke yacht keluarga, Britannia, dalam acara akhir pekan di Cowes.

Undangan berlanjut ketika Diana diminta untuk hadir di Kastil Balmoral yang menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan di Skotlandia.

Charles mengundang Diana karena ingin mengenalkannya dengan orangtua maupun neneknya.

Kedatangan Diana disambut baik oleh Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip Duke of Edinburgh, serta Ratu Elizabeth Ibunda Ratu.

Pangeran Charles kemudian mulai berpacaran dengan Diana. Dia diketahui melamar Diana pada 6 Februari 1981, dan Diana menerimanya.

Pertunangan mereka diumumkan secara publik pada 24 Februari 1981, di mana Diana memilih cincin tunangan 14 berlian dikelilingi safir biru Ceylon 12 karat, dan emas putih 18 karat.

Setelah mengumumkan pertunangan tersebut, Diana mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai Guru TK, dan kerja di Clarence House, tempat tinggal Ibunda Ratu.

Dia tampil di hadapan publik pertama kali sebagai pasangan Charles saat acara amal di Goldsmiths' Hall Maret 1981, di mana dia bertemu Grace Kelly Putri Monaco.

Diana yang berusia 20 tahun kemudian resmi dipersunting Charles pada 29 Juli 1981 di Katedral St Paul alih-alih Westminster Abbey.

Pernikahan mereka disiarkan oleh televisi dan ditonton 750 juta di seluruh dunia, serta 600.000 yang memadati jalan tempat mereka bakal berpawai.

Setelah resmi menyandang Princess of Wales, Diana berada di urutan keenam dalam Ordo Prioritas setelah Ratu Elizabeth II, Raja Muda, Pangeran Philip, Ibunda Ratu, dan Pangeran Charles.

Baca juga: Pakai Gaun yang Mirip, Meghan Terinspirasi Gaya Putri Diana?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com