Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Selandia Baru Melahirkan Bayi Perempuan

Kompas.com - 21/06/2018, 14:21 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

WELLINGTON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern melahirkan anak pertamanya pada Kamis (21/6/2018). Bayi perempuan itu lahir dengan berat 3,31 kg.

Dalam unggahan di Instagram, Jacinda mengapresiasi doa semua pihak untuk kelancaran kelahiran anaknya.

"Sangat beruntung memiliki bayi yang sehat dan lahir ke dunia pada pukul 16.45," tulisnya.

"Terima kasih atas harapan dan kebaikan kalian. Kami semua dalam keadaan sehat, terima kasih kepada tim yang hebat di RS Auckland City," imbuhnya.

Baca juga: PM Selandia Baru Masuk Rumah Sakit untuk Melahirkan

Perempuan berusia 37 tahun itu merupakan perdana menteri Selandia Baru termuda sejak 1856. Dia juga menjadi perempuan pertama dalam sejarah negara tersebut yang melahirkan ketika masih menjabat.

Wakil Perdana Menteri Winston Peters menggantikan posisi Ardern sebagai perdana menteri selama enam pekan ke depan. Ardern berencana untuk kembali bekerja pada awal Agustus mendatang.

Ucapan selamat mengalir dari rekan-rekan politisinya, termasuk mantan perdana menteri Selandia Baru Helen Clark, dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.

"Ketika kita berbicara pagi ini, Anda terdengar lebih bergembira ketimbang saat Anda memenangkan pemilihan," kicau Turnbull di Twitter.

Ardern terpilih menjadi perdana menteri pada Oktober 2017. Dia mengumumkan pada Januari lalu tentang kehamilan yang berusia tiga bulan, hasil buah cintanya dengan pasangannya, Clarke Gayford.

Sebelumnya, pada 1990, Benazir Bhutto melahirkan bayi perempuan ketika menjabat sebagai perdana menteri Pakistan. Ini merupakan yang pertama bagi seorang pemimpin dunia yang terpilih melalui pemilihan umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com