Kompas.com - 18/06/2018, 07:36 WIB

DAMBOA, KOMPAS.com - Dua ledakan bom bunuh diri menewaskan 31 orang di kota Damboa, negara Borno, Nigeria, pada Sabtu (16/6/2018) malam.

Pejabat setempat merilis pernyataan pada Minggu (17/6/2018) mengatakan, pelaku ledakan bom bunuh diri diduga berasal dari kelompok Boko Haram.

Setelah mengirim pelaku bom bunuh diri, anggota lain menembakkan granat roket ke kerumunan warga yang berkumpul di lokasi kejadian serangan bom bunuh diri.

Baca juga: Pria Nigeria Kuburkan Jenazah Ayahnya di Mobil Seharga Rp 1,2 Miliar

Dengan begitu, jumlah korban menjadi lebih tinggi. Pelaku disebut mengincar masyarakat dalam perayaan Idul Fitri.

"Ada dua serangan bom bunuh diri dan ledakan granat roket di Damboa semalam menewaskan 31 orang dan menyebabkan beberapa orang terluka," kata pemimpin milisi Nigeria, Babakura Kolo.

Dua pelaku meledakkan bom di dua wilayah berbeda di kota Damboa yaitu di Shuwari dan di dekat lingkungan Abachari sekitar pukul 22.45 waktu setempat.

"Bom ini jelas dilakukan oleh Boko Haram," ucap Kolo.

Seorang pejabat pemerintah setempat yang berbicara secara anonim mengonfirmasi jumlah korban tewas.

"Korban tewas sekarang mencapai 31 orang, tapi mungkin meningkat karena banyak di antara yang terluka tidak dapat bertahan hidup," ujarnya.

Baca juga: Mengaku Tentara Inggris, Warga Nigeria Kuras Rekening Kenalan di Facebook

Menurutnya, sebagian besar korban tewas akibat terkena proyektil granat yang ditembakkan dari luar kota beberapa menit setelah serangan bom bunuh diri.

Ledakan bom bunuh diri tersebut terjadi sebulan setelah dua bom meledak di sebuah masjid, di Mubi, negara bagian Adamawa, yang menewaskan 24 jemaah. Tak ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN,AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.