Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Jumpa Kim Jong Un, Trump Dijadwalkan Bertemu PM Jepang

Kompas.com - 29/05/2018, 07:57 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan bertemu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, sebelum berjumpa dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang direncanakan pada 12 Juni 2018 di Singapura.

Trump dan Abe pada Senin (28/5/2018) sepakat untuk meminta Korea Utara secara sepenuhnya membongkar senjara nuklir dan menyudahi program rudal balistiknya.

Abe dan Trump telah berbicara melalui sambungan telepon, sehari setelah para delegasi AS dan Korea Utara bertemu di zona demiliterisasi Korea, di desa Panmunjom, untuk mempersiapkan pertemuan puncak Trump dan Kim Jong Un.

Baca juga: Jelang Pertemuan AS-Korea Utara, Kenapa Jepang Justru Khawatir?

"Keduanya membahas perkembangan terakhir di Korea Utara dan menegaskan mereka akan bertemu lagi untuk melanjutkan koordinasi, sebelum pertemuan yang diharapkan antara AS dan Korea Utara," kata pernyataan Gedung Putih.

"Presiden dan perdana menteri menegaskan keinginan bersama untuk mencapai pembongkaran lengkap dan permanen terhadap senjata nuklir, kimia dan biologi Korea Utara serta program rudal balistik," imbuhnya.

Sebelumnya, pemerintah Jepang khawatir apabila ancaman keamanan dari Korea Utara terhadap Jepang, termasuk peluncuran rudal jarak pendek dan menengah, tidak akan dibicarakan dalam pertemuan AS-Korea Utara.

Abe cemas jika Presiden AS Donald Trump akan fokus pada permasalahan rudal balistik antarbenua (ICBM) dan mengabaikan misil jarak dekat yang mengancam Jepang.

"Saya khawatir kalau rudal jarak menengah dan pendek, yang merupakan jenis rudal yang mengancam Jepang, mungkin tidak dibicarakan dalam pertemuan itu, di mana fokusnya mungkin terbatas pada ICBM," ucapnya.

Baca juga: Presiden Korsel Kemungkinan Ikut dalam Pertemuan Trump-Kim Jong Un

Sebelumnya, rudal jarak menengah Hwasong-12, juga ditembakkan oleh Korea Utara melewati Jepang.

Rudal terbang melintasi wilayah udara Jepang dan jatuh di Samudera Pasifik hingga memicu kepanikan warga di Jepang utara, pada 3 September 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com