Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Kirim Delegasi ke Singapura Persiapkan Pertemuan Trump-Kim

Kompas.com - 28/05/2018, 17:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Yonhap

BEIJING, KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) dilaporkan telah mengirim delegasinya ke Singapura untuk mempersiapkan pertemuan awal dengan Amerika Serikat (AS).

Kedua negara menggelar pertemuan sebagai persiapan dialog puncak antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong Un di Singapura 12 Juni mendatang.

Sumber diplomatik kepada Yonhap Senin (28/5/2018) berkata, Kim Chang Son, Kepala Staf de facto Korut, berada di Beijing, China, dan bertolak menuju Singapura siang waktu setempat.

Dia bakal bertemu dengan Joe Hagin, Wakil Kepala Staf Gedung Putih Bidang Operasi, yang bakal terbang ke Singapura dari Jepang.

Baca juga: Jelang Pertemuan Trump-Kim Jong Un, Delegasi AS Bertemu Pejabat Korea Utara

"Kedua delegasi kemungkinan bakal bertemu Selasa (29/5/2018) untuk membicarakan logistik dan isu keamanan saat pertemuan," kata sumber tersebut.

Dia melanjutkan, Kim Chang Son dikabarkan bakal kembali ke Pyongyang setelah terlihat berada di Bandara Internasional Beijing Sabtu (26/5/2018).

Spekulasi merebak dia hendak pulang setelah Trump mengumumkan pembatalan pertemuannya dengan Kim Kamis (24/5/2018).

Trump beralasan, dia terpaksa melakukannya karena Pyongyang menunjukkan sikap tidak bersahabat dalam dua pekan terakhir.

Korut kemudian menyatakan keinginan untuk berdialog dengan AS yang membuat presiden berusia 71 tahun itu berubah pikiran.

Selain di Singapura, delegasi AS dan Korut juga menggelar pertemuan di zona demiliterisasi Panmunjom di Korea Selatan (Korsel).

Delegasi AS dalam pertemuan untuk membahas agenda pertemuan itu dipimpin Duta Besar AS untuk Seoul, Sung Kim yang merupakan negosiator nuklir handal.

Setelah pertemuan itu dirampungkan, Wakil Ketua Komite Buruh Kim Yong Chol bakal bertemu Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

"Pertemuan untuk koordinasi final tersebut kemungkinan  bakal dilaksanakan di Washington," beber sumber diplomatik itu.

Baca juga: Presiden Korsel Kemungkinan Ikut dalam Pertemuan Trump-Kim Jong Un

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Yonhap
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com