Kompas.com - 25/05/2018, 13:37 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin meminta komunitas internasional untuk menyertakan mereka dalam penyelidikan pesawat Malaysia Airlines MH17.

Pernyataan itu disampaikan dalam konferensi pers gabungan dengan Presiden Perancis, Emmanuel Macron, seperti dilansir TASS Jumat (25/4/2018).

Pemimpin 65 tahun itu mengomentari temuan yang dipaparkan tim investigasi pimpinan Belanda bahwa rudal yang menghantam MH17 milik militer Rusia.

Putin berkata, sejak dia sudah meminta agar Rusia bisa berpartisipasi ke dalam penyelidikan, namun tidak pernah digubris.

Baca juga: Rudal yang Hantam Malaysia Airlines MH17 Milik Militer Rusia

Dia menyatakan keheranannya karena Ukraina masuk menjadi anggota JIT. Padahal, Ukraina dianggap telah melanggar hukum internasional.

"Mereka tidak menutup wilayah udaranya ketika konflik bersenjata sedang berlangsung," beber presiden yang telah berkuasa selama 14 tahun tersebut.

Karena itu, Putin berkata bahwa Rusia harus diberi peran dalam investigasi. Dia berjanji bakal memperhatikan dan menganalisis dengan sungguh-sungguh.

"Namun, hingga saat ini saya masih belum melihat pembicaraan bahwa kami bakal diminta untuk berpartisipasi," ungkapnya.

Macron menanggapi dengan menyatakan dia menyambut baik kesiapan Rusia untuk bekerja sama dalam menyelidiki kasus MH17.

"Saya percaya Rusia harus melakukan pendekatan konstruktif. Dalam hal ini saya juga mempunyai solidaritas dengan Belanda," kata Macron.

Halaman:
Sumber TASS
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.