Kompas.com - 24/05/2018, 13:46 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Menanggapi pemindahan kedutaan besar Guatemala ke Yerusalem, Liga Arab pada Rabu (23/5/2018) memutuskan untuk membatalkan seluruh perjanjian kerja sama.

Seperti diketahui, Guatemala menjadi negara kedua setelah Amerika Serikat yang memindahkan kedutaan besar di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Langkah diambil untuk mengaktifkan keputusan Liga Arab mengutuk relokasi kedubes negara Amerika Tengah itu dan mengambil langkah-langkah politik serta ekonomi yang sesuai," tulis pernyataan Liga Arab.

Pengalihan kedubes Guatemala di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem dianggap sebagai pelanggaran nyata terhadap konsensus internasional mengenai hukum dan sejarah kota itu.

Baca juga: Setelah AS, Giliran Guatemala Resmi Miliki Kedubes di Yerusalem

Tindakan tersebut diyakini akan mengancam perdamaian dan keamanan internasional.

Pernyataan Liga Arab menegaskan kembali seruannya kepada semua negara di dunia untuk tidak mengambil langkah-langkah serupa. Negara lain diimbau agar menghormati hak-hak sah rakyat Palestina.

Guatemala telah meresmikan pembukaan kedutaan besar untuk Israel di Yerusalem pada Rabu (16/5/2018).

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Guatemala Jimmy Morales menghadiri upacara peresmian bangunan yang terletak di Taman Teknologi Malkha Yerusalem.

"Ini merupakan momen penting bagi masa depan rakyat kita," kata Morales.

Sementara itu, Netanyahu memuji langkah Guatemala mengingat negara tersebut menjadi negara kedua pada 1948 setelah AS, yang mengakui Israel pada 1948.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.