Kompas.com - 23/05/2018, 23:59 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerijka Serikat (AS) Donald Trump bakal memutuskan pertemuannya dengan Korea Utara (Korut) pekan depan.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih, Trump menyampaikan dia bakal menunggu perkembangan pertemuan dengan Pemimpin Korut Kim Jong un.

Untuk pertemuan di Singapura, saya merasa besar kemungkinan bakal terjadi. Namun, kami akan melihat perkembangannya," kata Trump seperti dilansir AFP Rabu (23/5/2018).

Baca juga: Pompeo: Denuklirisasi, Korut Bakal Dapat Bantuan Ekonomi dari AS

"Semua bakal diputuskan pekan depan. Jika terjadi, saya rasa pertemuan ini akan memberi dampak bagus kepada Korut," lanjut presiden 71 tahun tersebut.

Dalam kicauan di Twitternya 10 Mei lalu, Trump mengonfirmasi bakal bertemu dengan Kim di Singapura pada 12 Juni mendatang.

Namun, kepastian pertemuan tersebut berada dalam kondisi tidak pasti setelah Pyongyang mengancam bakal membatalkannya.

Dalam laporan media mereka KCNA, mereka tidak bisa menerima penjelasan Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton.

Saat itu, Bolton berkata kalau model denuklirisasi seperti yang terjadi di Libya sangat cocok jika diterapkan di Korut.

Wakil Menteri Luar Negeri Korut, Kim Kye Gwan, menyebut tidak elok jika membandingkan kapasitas nuklir kedua negara.

Libya, kata Kim, baru saja memulai program nuklir mereka. Berbeda dengan Korut yang mengklaim telah menjadi negara pemilik senjata nuklir.

Selain itu, Korut juga geram lantaran AS menggelar latihan militer gabungan dengan Korea Selatan (Korsel) dua pekan lalu.

Latihan dengan sandi "2018 Max Thunder" tersebut melibatkan 100 pesawat tempur dari AS dan Korsel. Termasuk pesawat pembom B-52.

Baca juga: Gedung Putih Bantah Terbitkan Koin Bergambar Trump-Kim Jong Un

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.