Kompas.com - 10/05/2018, 14:25 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Selasa (8/5/2018) mengutus Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke Pyongyang, Korea Utara.

Dalam foto yang dirilis pemerintah Korut melalui kantor berita resminya KCNA, Kim Jong Un dan Pompeo tampak tersenyum dan tertawa ketika berjabat tangan.

Tak ada yang tahu pasti, apa yang membuat keduanya tertawa. Namun,ini merupakan lawatan kedua Pompeo ke Pyongyang untuk bertemu langsung dengan Kim Jong Un.

Dalam kunjungan kedua Pompeo ini berlangsung selama 12,5 jam di ibu kota Korut, termasuk pertemuan selama 90 menit dengan Kim.

Baca juga : Trump Tak Ingin Bertemu Kim Jong Un di Zona Demiliterisasi Korea

Pada lawatan pertama Pompeo sekitar satu bulan lalu, dia bertemu dengan Kim Jong Un selama lebih dari 1 jam. Saat itu, dia masih menjabat sebagai direktur CIA.

AFP melaporkan, perjalanan pertama Pompeo ke Korut bertujuan untuk menentukan kerangka pertemuan Trump dan Kim, termasuk agenda, tanggal, lokasi, dan waktu.

Perjalanan kedua ini bertujuan untuk menetapkan bahwa AS tidak akan meringankan sanksi sampai mencapai tujuan denuklirisasi.

Selain itu, dia juga akan menekan Kim untuk membebaskan tiga warga AS yang ditahan.

Dalam kicauannya di Twitter, Trump menyatakan, Pompeo kembali ke AS bersama dengan Kim Hak Song, Kim Sang Duk, dan Kim Dong Chul. Mereka merupakan tiga warga AS yang ditahan Korut.

"Mereka berada dalam kondisi yang sehat. Selain itu, pertemuan dengan Kim Jong Un berlangsung baik. Tanggal dan lokasi sudah ditentukan," kicaunya.

Di antara tiga warga negara AS yang dibebaskan pemerintah Korut, Kim Dong Chul merupakan yang paling lama ditahan.

Pengusaha berusia sekitar 60 tahun tersebut ditangkap pada Oktober 2015. Dia kemudian dijatuhi hukuman 10 tahun kerja paksa atas tuduhan spionase.

Sebelum dibebaskan, ketiganya sempat dipindahkan ke sebuah hotel di Pyongyang, dan mendapat asupan makanan sehat, dan perawatan medis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.