Kompas.com - 10/05/2018, 00:12 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump telah mengesampingkan zona demiliterisasi Korea sebagai tempat pertemuannya dengan Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong Un.

Meskipun sebelumnya sempat menyebut wilayah perbatasan di antara dua negara Korea itu sebagai opsi, pada Rabu (9/5/2018), Trump mengatakan pertemuan tidak akan dilangsungkan di zona demiliterisasi.

"Tidak akan," kata Trump singkat, menjawab pertanyaan dari wartawan akan kemungkinan memilih zona demiliterisasi Korea untuk lokasi pertemuan dengan Kim.

Baca juga : Trump Pertimbangkan Panmunjom Jadi Lokasi Pertemuan dengan Kim Jong Un

Ditambahkan Trump, usai pertemuan di Gedung Putih, terkait waktu dan tempat pelaksanaan konferensi tingkat tinggi dengan Korea Utara akan diumumkannya dalam waktu tiga hari ke depan.

Pada 30 April lalu, Trump sempat menuliskan di akun media sosialnya dan menanyakan pendapat para pengguna Twitter terkait Gedung Perdamaian di desa Panmunjom sebagai lokasi pertemuannya dengan Kim.

Sebelumnya, Trump juga mengatakan, tanggal dan tempat untuk pertemuan telah ditentukan meski dirinya masih enggan mengungkapkannya kepada publik.

Trump mengatakan masih akan mematangkan segala persiapan sebelum dapat membukanya kepada semua pihak.

"Segala sesuatunya bisa dibatalkan," ujar Trump saat ditanya apakah rencana KTT dengan Korea Utara masih mungkin dibatalkan.

Baca juga : Persiapkan Pertemuan Trump-Kim Jong Un, Menlu AS Sambangi Korut Lagi

"Banyak hal baik bisa terjadi, begitu pula dengan banyak hal buruk yang dapat terjadi," kata dia.

"Saya percaya kedua pihak akan menegosiasikan kesepakatan. Saya pikir itu akan menjadi kesepakatan yang sangat sukses. Kita semua memiliki kesempatan untuk membuatnya sukses. Tapi banyak hal bisa terjadi," kata Trump.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN,AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.