Kompas.com - 07/05/2018, 18:45 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Presiden Perancis, Emmanuel Macron, menyatakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bisa memicu perang dengan Iran.

Dalam wawancaranya dengan Der Spiegel dikutip Newsweek Minggu (6/5/2018), perang itu bisa terjadi jika Trump memutuskan menarik diri dari kesepakatan nuklir.

Nuklir tersebut diteken pada 2015 oleh Iran dan enam negara; AS, Perancis, Inggris, Rusia, China, dan Jerman di Wina, Austria.

Trump mengancam, dia bakal menarik diri dari kesepakatan nuklir yang habis pada Sabtu mendatang (12/5/2018) tersebut.

Baca juga : Presiden Iran: AS Bakal Menyesal jika Keluar dari Kesepakatan Nuklir

Macron menggunakan analogi presiden 71 tahun tersebut bakal membuka "Kotak Pandora" jika memutuskan keluar dari kesepakatan nuklir Iran.

"Itu berarti perang. Saya yakin, Trump ingin menghindarinya," kata Macron dalam wawancara yang dilakukan Sabtu (5/5/2018) itu.

Saat Mscron mengunjungi AS April lalu, dia mendesak Trump untuk tetap mempertahankan kesepakatan yang dibuat pada 2015 tersebut.

Namun, saat berlangsung diskusi privat, dia mengaku tidak yakin bahwa Trump bakal menerima dan menjalankan nasihatnya.

"Pandangan saya, Trump bakal menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran. Dia melakukannya karena pertimbangan domestik," tutur Macron.

Sementara Duta Besar Inggris untuk AS, Sir Kim Darroch, menyatakan Trump bisa bertahan di kesepakatan 2015 jika negosiasi yang dilakukan Washington dan Teheran membawa perubahan.

Halaman:
Sumber Newsweek


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.