Kompas.com - 03/05/2018, 16:07 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Masih ingat dengan insiden pelemparan sepatu ke arah mantan Presiden AS, George Bush, pada 2008 lalu? Jurnalis pelaku pelemparan sepatu tersebut kini tengah terjun ke dunia politik dan maju dalam pemilihan di Irak.

Muntazer Al Zaidi, mencalonkan diri dalam pemilihan untuk kursi parlemen Irak yang akan dilangsungkan pada 12 Mei mendatang.

Al Zaidi maju di bawah nama aliansi Sa'eroun, sebuah aliansi politik yang dibentuk oleh enam partai.

Dalam kampanyenya, dia menjanjikan akan memberantas korupsi, mendorong integritas, transparansi serta tata pemerintahan yang lebih baik.

"Melalui pemilihan ini saya berjanji memastikan kesalahan Amerika yang hanya menciptakan pemerintahan sektarian yang korup, akan diubah," kata Al Zaidi kepada The National.

Baca juga : Lagi, Seorang Jurnalis Gaza Tewas Ditembak Tentara Israel

Kelompok Al Zaidi menyerukan mengakhiri korupsi di pemerintah dengan mengadvokasi negara pluralistik demokratis.

Pemilihan Irak akan digelar pada 12 Mei mendatang dengan sekitar 7.000 calon yang akan memperebutkan 329 kursi di parlemen. Pemilihan itu menjadi yang pertama sejak 2014 dan yang keempat sejak 2003.

Al Zaidi turut menjanjikan bakal bekerja membangun pemerintahan sekuler yang bebas dari kebijakan agama, sembari mengatakan pemerintahan saat ini hanya berhasil dalam menciptakan perang, konflik dan perpecahan sektarian.

"Saya tidak akan disuap dan tidak akan tunduk dengan para koruptor," ujar dia.

Al Zaidi bekerja sebagai koresponden Al Baghdadia, organisasi berita independen Irak, saat insiden pelemparan sepatu yang dilakukannya sepuluh tahun silam.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.