Kompas.com - 19/04/2018, 22:06 WIB
|

HAVANA, KOMPAS.com - Miguel Diaz-Canel, yang pada Kamis (19/4/2018), resmi menggantikan Raul Castro menjadi presiden Kuba menghadapi tugas berat di hadapannya.

Diaz-Canel harus mengendalikan negeri komunis itu melalui sebuah periode ketidakpastian setelah enam dekade diperintah keluarga Castro.

Dalam pidato perdananya, politisi berambut perak ini bersumpah akan melanjutkan revolusi Kuba melanjutkan langkah pendahulunya.

Usai berpidato, pria 57 tahun ini mendapatkan tepuk tangan meriah dari semua politisi yang hadir di ruang sidang Dewan Nasional Kuba.

Baca juga : Akhir Kekuasaan Dinasti Castro di Kuba

Diaz-Canel, yang sebelumnya menjabat wakil presiden, sudah tiga dekade berkarier di Partai Komunis hingga mencapai posisi puncak.

Kini dia bertugas melanjutkan reformasi ekonomi yang telah diprakarsai pendahulu dan mentornya, Raul Castro.

Diaz-Canel adalah pemimpin pertama Kuba yang lahir usai revolusi 1959. Fakta ini kemungkinan menjadi hal penting bagi sejumlah jenderal yang akan berada di bawah komandonya.

"Ada tradisi di Kuba bahwa sosok orang kuat yang pantas menjadi kepala negara, tetapi profil Miguel Diaz-Canel nampaknya tak terlalu kuat," kata pengamat masalah Kuba dari Universitas Texas Rio Grande, Arturo Lopez-Levy.

"Dia tak memiliki wewenang lebih daripada yang dimilikinya saat ini," tambah Lopez-Levy.

Namun, di mata pendukungnya Diaz-Canel dianggap pemimpin yang mau mendengar dan sosok yang amat sederhana.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.