Kompas.com - 08/03/2018, 11:55 WIB
|

MIAMI, KOMPAS.com - Pelaku penembakan sekolah di Florida Nikolas Cruz, Rabu (7/3/2018), dijerat 34 dakwaan pembunuhan dan percobaan pembunuhan.

Seluruh dakwaan itu disampaikan dalam sidang di pengadilan Broward County kepada Cruz yang memang sudah mengakui perbuatannya tersebut.

Secara detil Cruz dijerat 17 dakwaan pembunuhan berencana dan 17 dakwaan percobaan
pembunuhan tingkat pertama.

"Dakwaan percobaan pembunuhan terkait dengan para korban luka dalam serangan itu," demikian jaksa Michael Statz.

Baca juga : Di Florida, Kini Guru Boleh Membawa Senjata ke Sekolah

Pada 14 Februari lalu, Cruz (19) memasuki SMA Marjory Stoneman Douglas di Parkland, sebelah utara Miami lalu memberondongkan peluru dari senapan otomatis AR-15 yang dibawanya.

Alhasil, sebanyak 14 orang siswa dan tiga staf sekolah meninggal dunia serta belasan lainnya mengalami luka-luka.

Setelah melakukan aksinya, mantan murid SMA Stoneman Douglas itu sempat mampir di Walmart dan restoran McDonald's sebelum polisi menangkapnya 40 menit setelah beraksi.

Setelah tragedi itu, para siswa sekolah di Parkland menggelar aksi yang diberi nama "Never Again" untuk mendesak para politisi memerhatikan isu kekerasan bersenjata dan penembakan massal di AS.

Di Florida saja selama dua tahun terakhir terjadi tiga kali kasus penembakan massa.

Pada 2016, 49 orang tewas di sebuah klub malam di kota Orlando, lima orang tewas di Fort Lauderdale pada 2017, dan 17 orang tewas di Parkland.

Baca juga : Korban Penembakan Massal Florida Hilangkan Trauma dengan Terapi Anjing

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gulf News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.