Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjaga Perbatasan Saudi Gagalkan Penyelundupan 700 Kg Ganja

Kompas.com - 04/12/2017, 22:28 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Arab News

RIYADH, KOMPAS.com - Sebanyak 32 orang tersangka penyelundupan ditahan penjaga perbatasan Arab Saudi bersama dengan 721,92 kilogram ganja.

Jumlah tersangka dan ganja tersebut didapat setelah operasi perbatasan yang dilakukan dalam dua pekan terakhir di selatan perbatasan Jazan dan Najran.

Jurubicara Penjaga Perbatasan Kolonel Saher bin Mohammed Al Harbi mengatakan, sejumlah upaya dilakukan penyelundup untuk memasukkan narkoba ke Kerajaan Arab Saudi.

"Pasukan Penjaga Perbatasan telah menangkap 27 warga Ethiopia, empat warga Yaman, dan seorang warga Saudi. Total ganja yang disita seberat 721,92 kilogram," ujarnya dalam pernyataan pada Senin (4/12/2017).

Baca juga: Arab Saudi Tangkal Terorisme dengan Ajak Pelaku Diskusi dan Hidup Mewah

Dilaporkan Arab News, sebelumnya Kementerian Dalam Negeri juga mengumumkan jumlah penyusup yang ditangkap Arab Saudi mencapai 27.264 pada tahun 2016, dan 3.554 senjata disita pada periode yang sama.

Dalam sebuah konferensi pers, Kementerian Keamanan telah meninjau laporan statistik terkait tugas pasukan penjaga.

Jumlah kasus upaya infiltrasi yang dicegat mencapai 2.779, sedangkan upaya yang dicegat di luar wilayah Kerajaan Arab Saudi mencapai 580.

Direktur Departemen Statistik Direktorat Jenderal Perbatasan, Brigjen. Jenderal Mohammed Al-Qahtani, mengatakan sebagian besar penyusup di luar Kerajaan dicari atas tuntutan keamanan atau pidana.

Baca juga: Arab Saudi Izinkan Pendidikan Olahraga bagi Murid Perempuan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com