Kompas.com - 27/10/2017, 06:44 WIB
|
EditorPascal S Bin Saju

CATALONIA, KOMPAS,com - Krisis politik di Spanyol, yang terjadi karena keinginan Catalonia merdeka, mengalami antiklimaks.

Itu setelah Presiden Catalonia, Carles Puigdemont, mengumumkan tidak akan menggelar pemilu cepat atau pemilu dini.

Sebelumnya, harian Barcelona La Vanguardia melaporkan, Puigdemont mewacanakan menggelar pemilu dini 20 Desember mendatang.

Pemilu itu dianggap sebagai nilai tawar yang diberikan Catalonia kepada Spanyol.

Tujuannya, Perdana Menteri Mariano Rajoy batal mengaktifkan Artikel 155 Konstitusi 1978 dimana Madrid bakal mencabut status otonomi Catalonia, dan mengambil alih pemerintahan secara langsung.

Namun, pada konferensi pers yang dilaksanakan pada pukul 17.00 waktu setempat Kamis ini (26/10/2017), Puigdemont memberikan pernyataan yang abu-abu.

Baca: Spanyol Tak Berikan Pilihan, Catalonia Tetap Ingin Merdeka

Dilansir dari Euronews, Puigdemont sempat mempertimbangkan pemilihan dini. Namun, dia melihat bahwa Madrid tidak memberikan jaminan bahwa Artikel 155 tidak akan dijatuhkan kepada Catalonia.

"Karena itu, saya tidak akan mengumumkan pemilihan dini," ujar Puigdemont di hadapan ribuan pendukung pro-kemerdekaan Catalonia.

Meski begitu, Puigdemont bersikap plinplan dengan tidak memproklamirkan kemerdekaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.