Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Meningkat, Spanyol Akan Ambil Alih Pemerintahan dan Pecat Pemimpin Catalonia

Kompas.com - 21/10/2017, 23:52 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengatakan bahwa para pemimpin Catalonia akan dipecat, namun parlemen semi otonom tak akan dibubarkan.

Rajoy mengungkapkan langkah-langkah pembubaran pemerintah kawasan otonomi Catalunya itu setelah melangsungkan pertemuan darurat kabinet, yang juga memutuskan akan segera diselenggarkaannya pemilihan umum di kawasan itu.

Langkah-langkah yang disusun kabinet ini seterusnya akan diajukan ke Senat Spanyol, yang akan mengambil keputusan melalui pemungutan suara.

Ini merupakan salah satu puncak krisis, setelah hampir tiga pekan lalu Catalonia mengadakan referendum kemerdekaan, yang dianggap ilegal oleh Madrid.

Presiden regional Catalonia Carles Puigdemont (kanan) menghadiri demo yang digelar di Barcelona pada 21 Oktober 2017.AFP PHOTO/PAU BARRENA Presiden regional Catalonia Carles Puigdemont (kanan) menghadiri demo yang digelar di Barcelona pada 21 Oktober 2017.
Pemimpin Catalonia Carles Puigdemont sejauh ini mengabaikan tuntutan pemerintah nasional untuk membatalkan upaya melepaskan diri dari Spanyol.

Baca juga : Kelompok Pro-Kemerdekaan Catalonia, Serukan Penarikan Uang dari Bank

Rajoy mengatakan bahwa pemerintah tidak memiliki pilihan selain mengambil alih pemerintahan, menempatkan Catalonia dalam administrasi langsung Spanyol, dengan alasan bahwa tindakan pemerintah Catalonia "bertentangan dengan hukum dan mencari konfrontasi."

Sebelum keputusan ini, negara-negara Eropa menyatakan lepas tangan atas krisis Catalonia.

AFP Tokoh Kunci Pro dan Kontra Kemerdekaan Catalonia
Presiden Dewan Eropa Donald Tusk secara eksplisit mengesampingkan segala bentuk keterlibatan Uni Eropa terkait Catalonia, terlepas dari situasi yang 'memprihatinkan.

"Tidak ada ruang, tidak ada tempat untuk mediasi, tidak juga untuk prakarsa atau tindakan masyarakat internasional," katanya.

Baca juga : Pemerintah Spanyol Segera Berlakukan Artikel 155 terhadap Catalonia

Dalam referendum pada 1 Oktober yang dilarang oleh pemerintah Spanyol itu, rakyat Catalonia memilih untuk memisahkan diri.

Pemimpin Eropa lainnya, seperti Angela Merkel dari Jerman dan Emmanuel Macron dari Prancis, juga memberikan dukungan mereka kepada Madrid.

Baca juga : Spanyol Ambil Alih Pemerintahan Catalonia, Apa yang Sedang dan Akan Terjadi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com