Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Ophelia Terjang Irlandia, Mulai Jatuh Korban Jiwa

Kompas.com - 16/10/2017, 19:37 WIB

DUBLIN, KOMPAS.com  - Ribuan orang terpaksa hidup tanpa aliran listrik setelah badai Ophelia menerjang Irlandia, yang segera akan bergerak juga ke Wales, Inggris utara, dan Skotlandia.

Pohon-bohon bertumbangan dan laut pun bergolak hingga menyebabkan gelombang setinggi 10 meter. Bahkan, seorang wanita tewas setelah pohon tumbang menimpa mobil korban.

Situs berita harian The Independent, Senin (16/10/2017), melaporkan, wanita yang hanya seorang diri di dalam mobilnya tewas setelah pohon tumbang menimpa mobilnya di Waterford, Irlandia.

Pada saat kejadian, angin bertiup dengan kecepakatan 148 km per jam di Waterford, di pantai barat daya Irlandia, Senin pagi waktu setempat.

Baca: Irlandia Terancam Badai Atlantik Terburuk dalam 60 Tahun

Otoritas terkait telah memperingatkan publik untuk tinggal di dalam rumah hingga badai yang disebut sebagai “paling berbahaya” itu berlalu.

Sudah 120.000 rumah dan pusat-pusat bisnis hidup tanpa listrik. Mereka akan melewatkan Senin malam dalam kondisi gelap gulita.

Badan Meterologi Irlandai mengatakan, bencana badai Ophelia “berpotensi besar mengancam jiwa”.  Badai ini merupakan yang paling mematikan sejak badai besar pada 1987 yang menewaskan 18 orang.

Juru bicara Badan Meteorolgi sebelumnya mengatakan, Ophelia bisa jadi membawa bencana lebih buruk dari badai Debbie pada 1961 yang menewaskan 16 orang di Republik Irlandia dan dua orang di Irlanda Utara.

Baca: Badai Frank Terjang Inggris, Aliran Listrik ke 2.500 Rumah Terputus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com